Lazada Affiliate

Tenaga Profesional Paling Dicari Sekarang Dan Paling Dibutuhkan Kedepan

5 Profesi Yang Tetap Dibutuhkan Di Masa Yang Akan Datang


Benarkah setiap tahun, kebutuhan akan lowongan pekerjaan semakin meningkat? Itu sudah pasti.


Sementara para pencari kerja semakin bertambah, Penyedia lapangan kerja hanya tumbuh beberapa persen. Setiap tahun ribuan bahkan jutaan pencari kerja lahir. Hal ini berlaku di seluruh dunia, termasuk negara Indonesia. 


http://myskywriting.blogspot.com/
Ilustrasi

Para pencari kerja baik fresh graduate atau pun profesional berlomba-lomba mencari pekerjaan melalui sistem online maupun dengan mendatangi berbagai job fair. Terlebih sejak ditetapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sumber daya manusia dari luar Indonesia pun sudah bisa mencari kerja di sini. Namun, bukan berarti tenaga kerja negara kita menjadi kalah saing. Tulisan ini bertujuan menginspirasi pembaca agar dapat membuka mata, tetap mencari kerja atau menciptakan pekerjaan (Berwirausaha).
Tahukah Anda bahwa suatu hal pasti mempunyai dua sisi. Sama halnya dengan dunia kerja. Bukan hanya pencari kerja yang kesulitan mencari pekerjaan, namun ada beberapa industri atau perusahaan di Indonesia yang kesulitan mencari pekerja profesional? Para pekerja ini umumnya memiliki keahlian sebagai berikut:

Data Analyst 

Seorang data analyst menempati posisi pertama sebagai pekerjaan paling dicari dan dibutuhkan menurut survei “The Future of Jobs” dari World Economic Forum (2016). Para analis data memiliki tugas yang cukup berat karena butuh kemampuan mengolah data ‘mentah’ dari beberapa media termasuk internet kemudian menganalisa serta menginterpretasikannya menjadi informasi ter-struktur.

Data-data yang dibuat tersebut sangat berguna untuk membantu perusahaan dan para pengambil keputusan. Para pelaku usaha baik kecil atau menengah ke atas sangat membutuhkan data yang kompleks untuk menentukan arah dan menyusun rencana jangka panjang maupun rencana jangka pendek.

Tentunya hal ini menjadikannya sangat wajar, jika pekerjaan ini diburu oleh perusahaan mengingat perkembangan pasar global belakangan ini seperti; artificial intelligence (AI), machine learning, teknologi robotika, nanoteknologi, dan bioteknologi begitu pesat dalam beberapa dekade terakhir ini.

Profesi semacam ini diproyeksikan dapat tumbuh antara 3% – 7% hingga tahun 2022 mendatang. Berdasarkan salah satu media pencari kerja, gaji seorang data analis pemula atau belum memiliki pengalaman biasanya akan digaji Rp 4 juta, dan untuk yang sudah se-level coordinator biasanya dapat menerima bayaran di atas angka nominal Rp 9 juta.

Medis

Lowongan profesi dalam bidang medis baik itu dokter, perawat, atau apoteker masih tetap akan terbuka cukup lebar di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang sedikit terpencil. Meskipun lulusan sekolah kedokteran atau keperawatan sudah cukup banyak saat ini, kebutuhan tenaga medis masih sangat dibutuhkan dari tahun ke tahun.

Jumlah lulusan tenaga medis saat ini sudah cukup banyak akan tetapi tenaga medis seperti dokter dan perawat tetap saja masih banyak di butuhkan. Terutama di daerah-daerah di Indonesia yang masih dalam kategori terpencil. Kekurangan tenaga medis masih sangat terasa.
Tenaga profesi seperti dokter spesialis bedah juga masih banyak dibutuhkan di Indonesia. Tenaga medis diperkirakan akan tumbuh 16% dari tahun 2012 hingga 2024 di seluruh dunia.

Kurangnya tenaga medis seperti dokter umum dan dokter spesialis ini salah satunya disebabkan oleh lamanya jenjang pendidikan yang harus ditempuh seorang dokter yang bisa mencapai 6-7 tahun untuk mendapat gelar spesialis.

Faktor lain yang menjadikan profesi ini tetap di banyak di butuhkan tidak lain karena laju pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Di masa yang akan datang, profesi sebagai ahli medis akan terus semakin banyak dibutuhkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan penanganan dan pencegahan medis serta bertambahnya penyakit kronis.

Desainer Produk

Tenaga profesional product designer akan menjadi pekerjaan yang berkembang dan banyak di cari di masa depan.

Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, seperti perkembangan dunia kreatif dan konten tak akan pernah padam bahkan semakin tumbuh dan menjamur di banyak sektor. Di samping itu, kemunculan new entrepreneur (pengusaha baru) yang ingin menciptakan produk dan label nama sendiri membuat jasa dari profesi ini pun semakin banyak dibutuhkan.

Peranan “kreativitas” adalah salah satu skill yang akan dicari di tahun 2020. Bahkan berdasarkan data media penyedia lowongan kerja online, pekerjaan ini sekaligus memberikan Anda peluang terbaik untuk karier yang sukses.

Meskipun zaman semakin maju dan teknologi berkembang pesat, sebuah karya original dan hasil ide dan goresan tangan tak dapat tergantikan oleh mesin. Inilah yang membuat seorang desainer produk industri, komersial dan produk manufaktur diburu oleh perusahaan.

Software Engineering

Software Engineering bukan sekedar paham komputer tapi harus tahu apa dan bagaimana kebutuhan masyarakat kedepan. Prospek profesi semacam ini akan semakin di cari untuk beberapa tahun mendatang dan akan terus berlanjut.

Bayangkan berapa pengguna aplikasi yang lahir setiap hari, dan berapa pembuat konten sukses tercipta. Mereka yang memahami pembuatan software tidak akan kesulitan bersaing di masa yang akan datang. Pergerakan zaman ke arah serba instan dan serba online menjadi salah satu faktor yang mendorong tingkat kebutuhan tenaga software engineering tetap akan di cari.
Saat ini hampir semua bidang dan bisnis berbasis teknologi dan aplikasi, faktor inilah yang menjadi penggerak utamanya. Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia menjadi pemicu naiknya kebutuhan akan ahli rekayasa perangkat lunak (software engineer).

Profesi sebagai software engineer tidak hanya membutuhkan seseorang yang cerdas tetapi juga memiliki kreativitas dan ketekunan yang tinggi karena pekerjaan ini tidak hanya terpaku pada pengembangan perangkat lunak, tetapi juga pada manajemen kualitasnya.

Di Indonesia sendiri profesi software engineer masih banyak dicampur aduk-kan dengan profesi system analyst dan programmer padahal seorang software engineer bekerja tidak hanya berdasarkan ilmu komputer saja melainkan juga berkaitan dengan ilmu sosial lain.

Kurangnya daya saing lulusan software engineer Indonesia membuat posisi ini kerap diisi oleh tenaga asing padahal kebutuhan software engineer khususnya tenaga lokal Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Para pencari pekerjaan mayoritas mencari software engineering yang mampu melakukan teknik coding seperti Python, JavaScript, dan Java.

Marketing

Banyak pihak kurang menyadari betapa penting posisi ini. Marketing adalah ujung tombak, prajurit garis depan dalam persaingan usaha. Perusahaan apapun bidangnya pasti membutuhkan tenaga marketing baik itu Market Research Analyst (MRA) atau pun marketing specialist.

Untuk menaikkan angka penjualan, mendapatkan profit maksimal suatu perusahaan sangat dibutuhkan team marketing yang baik dan solid sehingga kebutuhan akan ahli marketing akan selalu besar. Tenaga marketing dapat dikatakan sebagai eksekutor dalam perusahaan karena mereka akan bertindak menjual produk atau jasa kepada pihak lain sehingga menghasilkan keuntungan.

Riset Emerging Careers 2016 oleh University of California di San Diego memperkirakan kebutuhan akan profesi ini, terutama sales yang menguasai produk teknologi dan mobile advertising akan naik hingga 6,9% hingga tahun 2024 bahkan akan melebihi.

Berkaca dari gambaran tersebut bisa disimpulkan bahwa tenaga marketing akan terus banyak dibutuhkan tiap tahunnya.

Demikian semoga menjadi bahan inspirasi buat anda.

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...