Lazada Affiliate

Rahasia membuat motor kesayangan melaju lebih cepat

Bagi pencinta sepeda motor banyak sekali yang mesti di pelajari.


Jika anda perhatikan karburator motor kesayangan anda. Anda akan melihat paru-paru sepeda motor anda secara kasat mata, dan anda akan menyadari karburator hanyalah sebuah lubang besar dari satu tempat ke tempat lain, yang dinamakan venture.

Cara kerja

Udara masuk ke dalam mesin melalui lubang ini (venturi). Sebagaimana kecepatan udara memasuki karburator meningkat, tekanannya justru menurun, yang kemudian menimbulkan kevakuman di area venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle), dan menghisap bahan-bakar melalui jet yang berbeda-beda di sistem karburator. 

https://myskywriting.blogspot.com/
Motor Modifikasi

Udara dengan bahan-bakar akan bercampur di area venture. Dimana posisi jet ditempatkan dan pengeluaran-nya pada venturi menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas. Sistem langsam (pilot jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Jarum skep, posisi clip dan nozzle karburator mengontrol dari 15 % bukaan gas hingga 80 %.  Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berdampak mulai dari bukaan gas diatas 60 %.

Hal penting untuk diperhatikan

Menyetel sepeda motor termasuk karburator bagi pengguna sepeda motor sudah menjadi hal keseharian (rutinitas bulanan). Karena kegiatan ini tidak dapat dipisahkan dari semua kegiatan lainnya. Kegiatan menyetel dan membersihkan karburator sepeda motor bagi penggemar roda dua itu hal wajib untuk hobby mereka.

Namun ada hal yang harus diingat dalam menyetel karburator, kesemua bagian adalah interconnected (terhubung satu dengan lain) sehingga penggantian sebuah part akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya. Bekerja dengan sangat hati-hati, dan teliti adalah kuncinya.


Cara menyetel karburator sepeda motor.

  • Untuk bukaan gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan skep.
  • Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran.
  • Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan aturan ( 1 ½ hingga 2 putaran keluar dari posisi menutup penuh).
  • Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas.
  • Setel posisi klip jarum skep.
  • Ganti tipe jarum skep.
  • Dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh.
  • Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar.
  • Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar
  • Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh.
  • Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian main jet, jarum skep, atau setting posisi klip jarum skep.
  • Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum.
Pekerjaan yang tepat akan memberi anda hasil yang terbaik. Simak artikel Beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam menyetel karburator pada sepeda motor. Untuk mendapatkan info lebih lanjut, Jangan malu bertanya bila ada kendala. Silahkan tinggalkan komentar anda di kolom komentar,

Simak terus postingan di blog ini untuk mendapatkan informasi berharga buat anda yang akan saya bocorkan kepada anda.

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...