Lazada Affiliate

Cara membuat website atau blog tampil lebih ringan dan cepat merespon

Cara Membuat Website Atau Blog Cepat Dan Ringan

Membuat tampilan blog atau website cepat tampil dihadapan user atau pengguna.

JavaScript terkadang membantu tampilan website lebih baik. Namun juga terkadang menjadi penyebab website anda di mata pengguna dinilai lambat tampil. Kita sebagai pengembang website atau sekedar hobby menulis di blog tentu sepakat dengan opini website/ blog sebaiknya tampil utuh di hadapan user dengan cepat dan bersih.

Ilustrasi Proses Audit Situs Web https://myskywriting.blogspot.com/
Ilustrasi Proses Audit Situs Web

Terkadang setelah menyelesaikan proses coding sebuah website/ blog dan membuatnya sempurna dari segi penampilan muncul rasa ketidakpuasan. Hal yang paling sering membuat pengembang website/ blog tidak puas adalah kecepatan tampil dari website/ blog karyanya sendiri.

Berbicara kecepatan tentu bukan hal sepele apalagi jika kita membuat website/ blog untuk keperluan klien yang harus berhadapan face to face dengan banyak pesaing. Peluang untuk memperoleh closing deal dari layanan website atau blog dapat hilang seketika hanya karena faktor lambat-nya pemuatan konten website/ blog tersebut. Tentu saja hal ini sangat dibenci oleh pemesan website/ blog tersebut.

Kebanyakan pengembang hanya menyalahkan konten yang dimuat secara berlebihan. Ada juga sebagian orang melempar kesalahan tersebut kepada penyedia jaringan. Dan tidak sedikit dikalangan pengembang menyalahkan semua itu ke domain tempat dia menumpang atau men-hosting website tersebut. Memang hal tersebut dapat menjadi penyebab. Namun bukan semata-mata penyebab tunggal dalam kasus lambatnya website/ blog itu dimuat oleh browser (penjelajah) pengguna atau user.

Satu hal yang sering terlupakan adalah penggunaan script yang berlebihan. Penggunaan script seperti JavaScript memang penting. Di sisi lain, dapat memperlambat website/ blog tersebut untuk di muat secara utuh bagi pengguna yang mengakses-nya. Sebenarnya inti masalah ini bukan pada script tersebut secara langsung, namun karena adanya pemblokiran terhadap JavaScript tertentu. Nah. Proses pemblokiran inilah yang membuat website atau blog lambat untuk di muat secara utuh oleh alat penjelajah (browser) pengguna.

Lalu apa yang menyebabkan JavaScript yang ada dalam website/ blog itu mengalami pemblokiran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya kita sama-sama memahami dulu penyebab website/ blog diblokir.


Website/ blog mengalami pemblokiran karena Script berlebih penggunaannya. Inilah point pentingnya. Baik kita sama-sama sepakat dengan poin tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh penyebab lambatnya sebuah website atau blog tidak ada salahnya file utama atau file.xml dari website atau blog kita bedah. Proses pembedahan ini biasa dikenal dengan istilah render-blocking untuk setiap bagian-bagiannya.



Setelah proses ini selesai, diharapkan kita dapat memahami bagian mana dan Script mana yang mengalami pemblokiran. Namun yang paling sering terjadi adalah pada bagian JavaScript. Hampir 85% kejadian, JavaScript menjadi penyebab halaman loading begitu memakan banyak waktu.

Kehadiran JavaScript adalah penting utamanya untuk mempercantik penampilan secara visual bagi pengguna. JavaScript dapat membantu kita menampilkan banyak hal yang sangat menarik secara visual bagi pengguna website blog. Namun, sama halnya dengan pisau bermata dua. JavaScript juga dapat menjadi beban yang sangat merepotkan untuk proses loading website/ blog secara utuh.

Bagi sebagian pengguna setia anda atau bagi mereka yang memang sangat membutuhkan konten yang anda sediakan, waktu loading mungkin masih dapat mereka toleransi. Tapi bagaimana dengan mereka yang baru menemukan website/ blog anda?

Proses loading yang berat sebenarnya bukan hanya berdampak buruk untuk waktu pemuatan website/ blog anda. Tapi lebih dari itu, proses loading yang berat juga ternyata begitu membebani pengguna dari segi biaya akses.

Logika sederhana, banyak file ditampilkan berarti biaya penggunaan data bertambah. Saya pribadi langsung membuang jauh-jauh niat menunggu proses loading yang lambat sebuah web dan beralih ke yang lain. Jika hal seperti ini terjadi di situs web anda, tentu pesaing anda akan diuntungkan dan anda sudah kehilangan satu lagi kesempatan emas untuk mendapat sebuah closing deal berharga.

Dari sudut pandang SEO

Website/ blog yang lambat termuat akan terbuang dari SERP. Hal ini disebabkan karena algoritma Google terbaru telah memperhitungkan batasan waktu kecepatan pemuatan dalam satuan beberapa detik. Dan untuk keyword yang sama telah dihitung berdasarkan peringkat. Tentu saja, peringkat terkecil atau tercepat akan tampil lebih di depan dari pada website/ blog anda.

Cara membantu website/ blog tampil lebih ringan dan cepat merespon pengguna.

Untuk melakukan percepatan proses loading suatu website/ blog apapun ninche yang anda tawarkan dalam konten anda hanya mempunyai satu jawaban. Hapus!

Hanya dengan menghapus sumber kesalahan itu website anda atau blog anda akan tertolong. Tentu setiap keputusan ada konsekuensi tersendiri. Menghapus sebagian karya terbaik anda, akan mengurangi setiap detail menarik yang telah anda rencanakan dari awal. Itu adalah harga yang harus anda bayar.

Lalu langkah apa yang harus anda tempuh untuk melakukan pembersihan JavaScript render-blocking dari situs website atau blog anda.

Identifikasi Masalah

Dalam proses identifikasi masalah. Saya hanya menawarkan alat gratis dari Google yang biasa di kenal dengan Page Speed Insight. Alat ini bukan satu-satunya yang ada di dunia maya. Namun kehadiran Tools ini terasa sangat membantu anda para pengembang blog menjadi website yang besar di kemudian hari.



Page Speed Insight sangat membantu dalam menampilkan daftar file-file atau konten situs website dan blog anda yang bermasalah dengan waktu pemuatan. Tools ini sangat akurat untuk menampilkan setiap informasi halaman situs anda yang mengalami pemblokiran.

Selain fungsi yang ditawarkan, kemudahan Tools ini juga patut di beri jempol. Bagaimana tidak, hanya dengan mengklik [Show How To Fix] maka tampilan sekitar masalah dan akar masalah Script yang harus dibenahi pun akan segera ditampilkan.

Dalam kenyataan penggunaan yang paling sering tampil perihal JavaScript yang paling umum digunakan adalah JQuery. Bagi anda yang sekarang mulai menggunakan langkah ini anda tentu akan sering-sering menemukan hal ini.

Memilih Metode Yang Ideal

Proses identifikasi masalah telah anda lalui dengan sukses. Maka selamat untuk anda, awal pekerjaan mendasar telah anda lalui. Saatnya menentukan apa yang wajib dan menentukan metode terbaik yang harus anda lakukan berikutnya.

Dalam langkah ini, anda akan dihadapkan oleh dua pilihan metode. Metode paling umum adalah membuat Script Inline atau Melakukan Pending Script. Kedua metode ini sama-sama baik, namun semua mesti anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Metode Script Inline

Metode Script Inline adalah metode mengisi langsung script ke dalam tubuh HTML situs website atau blog anda. Script semacam ini hanya akan di muat begitu dibutuhkan, jadi tidak tampil secara otomatis di setiap bagian halaman situ web anda. Metode seperti ini cukup efektif untuk mengatasi masalah proses pembuatan situs website atau blog anda.

Hanya Saja, penggunaan metode seperti ini sebaiknya hanya digunakan jika Script tersebut kecil atau hanya berlaku untuk satu halaman tampilan situs website atau blog. Lebih dari itu, sebaiknya metode ini jangan anda pergunakan karena akan sangat merepotkan anda.

  • Metode Pending Script

Logika metode ini adalah menunda JavaScript tertentu untuk ditampilkan. Metode yang pada dasarnya adalah menunda sebuah naskah atau perintah ini cukup ampuh dalam mengatasi masalah proses loading situs website/ blog yang lambat.

Dengan membuat penundaan JavaScript maka script yang tidak terlalu diperlukan akan tidak termuat saat itu dan mendahulukan script dasar yang jauh lebih penting. Proses seperti ini akan memperlihatkan konten utama anda ke pengguna sebelum konten pendukung atau iklan pihak ketiga termuat. Hal seperti ini sangat membantu menjaga loyalitas pelanggan setia anda.

Metode penundaan Script dan memprioritaskan bagian yang jauh lebih utama dalam tampilan situs website/ blog anda. Metode seperti ini sangat cocok untuk situs web yang banyak menggunakan Script. Bagi situs web yang mempunyai banyak bagian dan dapat dipilih bagian mana yang menjadi titik poin utama dan bagian mana yang hanya sebagai pendukung dan tidak krusial keberadaannya. Penggunaan metode ini adalah sangat tepat.

Memindahkan Atau Menghapusnya Sama Sekali Dari Situs Website/ Blog Anda

Langkah ini cukup sederhana yaitu menambahkan Script sederhana, memindahkan Script yang berat kebagian yang dapat ditunda dan menghapus bagian yang sama sekali tidak berguna dalam situs website atau blog kita.

Melakukan Pengujian Intensif

Langkah ini sebenarnya merupakan hal yang sangat-sangat penting, dan menjadi penentu keberhasilan kita. Setelah banyak melakukan perubahan, anda pasti akan berharap-harap cemas apakah semua bagian situs website atau blog anda akan berjalan dengan baik dan tetap berfungsi.

Yang harus anda perhatikan. Apakah halaman yang telah ada, termuat dengan benar? Jika ada bagian halaman yang gagal loading, anda harus segera mencari akar masalahnya dan memecahkannya. Biasanya karena halaman atau link yang mengarah ke halaman tersebut ikut terbuang bersama Script sampah.

Hal sepele lainnya yang terkadang dalam proses penghapusan anda melakukan-nya secara berlebihan. Berlebihan yang dimaksud di sini adalah mungkin saja anda menghapus beberapa karakter seperti titik koma, titik koma atas (tanda petik dua) atau mungkin ada kurung kurawal yang ikut terhapus saat pembersihan Script. Untuk menghindari hal-hal kecil yang kadang cukup membuat anda pusing, ketelitian dan kehati-hatian sangat diperlukan.

Mempublikasikan Karya Anda

Semua langkah di atas telah anda kerjakan, luar biasa. Sekarang saatnya melihat hasil kerja anda dan mengekspos-nya ke dunia luar. Anda saat ini akan puas dengan situs website anda. Bagaimana tampilan dan kecepatan yang dihadirkan serta tentu saja. Website atau blog anda kini jauh lebih bersih dari sampah yang berserakan.

Jika setelah melakukan semua langkah tersebut atau anda tidak punya banyak waktu luang untuk melakukannya sendiri. Dan anda belum merasa puas dengan kecepatan pemuatan website anda. Maka saran terbaik saya,  silahkan serahkan hal tersebut ke orang yang benar-benar memiliki kemampuan untuk mengasi masalah tersebut.



Anda juga dapat menghubungi kami di layanan kontak blog ini. Kami akan senang hati membantu anda dengan hanya biaya yang tak seberapa. Mengingat kegunaan dan hasil yang dapat anda dapatkan dari situs website atau blog anda. Kami akan melakukan audit terhadap situs website/  blog anda secara menyeluruh dan melakukan langkah-langkah perbaikan terbaik untuk anda.

Posted in:

0 komentar:

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...