Manajemen sangat erat kaitannya dengan organisasi.
Mengapa manajemen dikatakan erat kaitannya dengan organisasi? Hal ini karena organisasi itu sendiri merupakan alat manajemen untuk mencapai tujuannya.
Ilustrasi |
Istilah manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu to manage yang artinya mengendalikan, mengatur, menjalankan, memimpin, dan membina. Secara umum manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkordinasian, dan pengendalian.
Untuk
menentukan serta mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber daya yang lain. Terdapat beberapa definisi manajemen yang dikemukakan
oleh para ahli. Menurut G.R Terry dalam bukunya “The Principle of Management”,
manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan
mempergunakan kegiatan orang lain.
Harold Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bukunya “The Principles of Management and Analysis of Management” menjelaskan bahwa manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Sementara, Haiman menjelaskan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
Harold Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bukunya “The Principles of Management and Analysis of Management” menjelaskan bahwa manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Sementara, Haiman menjelaskan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
Selain
pengertian di atas, terdapat konsep yang menyatakan bahwa manajemen adalah
suatu ilmu sekaligus seni.
Manajemen dikatakan
sebagai ilmu karena manajemen telah memenuhi persyaratan metode ilmiah. Karena
manajemen dapat dianalisis dengan pendekatan ilmiah, maka dikenal manajemen
ilmiah.
Adapun
manajemen sebagai seni berkaitan dengan suatu keterampilan dalam menerapkan
ilmu pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan yang
diinginkan. Dengan demikian manajemen sebagai seni mengajarkan bagaimana
melakukan sesuatu (how to do) dan sebagai ilmu mengajarkan bagaimana berpikir
untuk mengetahui hakikat sesuatu masalah (how to think).