Lazada Affiliate

Betapa penting sebuah busi bagi mobil kesayangan

Situasi kinerja mesin dipengaruhi oleh kualitas pengapian kendaraan itu sendiri.


Kualitas pengapian yang sempurna pada mesin kendaraan anda sangat dipengaruhi oleh nyala api dari busi-nya. Nyala api yang sempurna hanya dapat terjadi jika semua faktor pendukung proses terciptanya bunga api yang baik terpenuhi salah satunya adalah kabel busi itu sendiri.


Kondisi kabel busi harus di cek atau sedapat mungkin di periksa secara berkala lebih dahulu, sebagai suatu tindakan pencegahan. Mengapa kabel busi begitu penting? Karena kabel busi yaitu suatu pengantar arus tegangan tinggi ke busi. Nyala api busi sangat dipengaruhi oleh kondisi kabel-kabel tersebut.


"Busi dengan merek ternama atau paling mahal sekalipun tidak akan menunjukkan performa terbaiknya jika terdapat kerusakan pada kabel selaku pengantar arus listrik. Sedikit saja luka goresan pada kulit kabel atau pada bagian isolatornya ini akan sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil anda."


https://myskywriting.blogspot.com/
Mesin Mobil

Jangan sekali-kali sembarangan mengganti kabel busi mobil anda. Kabel busi jauh berbeda dengan kabel listrik untuk instalasi listrik di rumah. Kabel busi tidak dapat diganti dengan kabel yang sembarangan kualitasnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Isolasi dan kualitas kabel busi harus memenuhi standar, karena listrik yang dialirkan tidak main-main. Listrik yang melewati kabel busi bertegangan tinggi (15.000 volt s/d 20.000 volt). Tegangan yang cukup dahsyat bukan.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pada sambungan kabel atau pada kulit kabel itu sendiri. Yang paling sering terjadi kelalaian adalah pada bagian Isolasi. Isolasi kabel busi yang sudah usang harus diganti. Sangat disarankan untuk setiap tindakan penggantian agar kiranya diperhatikan penggantian kabel busi sebaiknya satu unit atau dikenal dengan istilah satu set, dengan harga yang bermacam¬macam per set.

Biasanya di lapangan, semakin mahal harga yang ditawarkan maka semakin baik kualitasnya. Kualitas barang rendah kadang disodorkan ke konsumen dengan harga minim untuk menghabiskan stok yang terlanjur banyak di toko. Paling tidak hal seperti itu yang sering di temukan di toko onderdil kendaraan atau bengkel-bengkel pinggir jalan.

Kabel busi yang retak pada bagian isolatornya atau mungkin saja telah usang menyebabkan timbulnya crossfire, yakni induksi pada kabel busi yang berdekatan, sampai busi yang kabelnya diserang induksi yang menyebabkan meloncatkan bunga api liar. Hal seperti ini dapat menyebabkan kinerja mesin terganggu.

Bahkan pada kondisi yang lain dapat menyebabkan kebakaran pada kendaraan anda, hal itu biasa terjadi karena adanya crossfire ditambah dengan kebocoran pada saluran bahan bakar minyak BBM. Sungguh sangat berbahaya bukan? Jadi jangan sekali-kali memandang remeh hal-hal kecil seperti itu.

Pada kondisi yang masih dapat di toleransi Crossfire bisa diketahui dengan melihat atau mendengar hal yang disebabkannya. Crossfire menyebabkan bunyi mesin kasar dan tenaga mesin jadi turun. Untuk mengecek kondisi dari kabel busi biasanya mekanik bengkel akan mengukur besar daya tahannya, alat yang dipergunakan disebut dengan Ohm Meter.

Apabila besarnya tahanan tidak sesuai standar akan sangat bijaksana mengambil keputusan agar kabel busi diganti dengan kabel busi yang baru dengan standar kualitas yang paling baik. Mempertahankan kabel busi lama dengan kondisi yang buruk hanya akan memberi anda resiko kedepannya.

Simak terus postingan di blog ini untuk mendapatkan informasi berharga buat anda yang akan saya bocorkan kepada anda.

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...