Lazada Affiliate

Sekilas tentang pemasaran

Sekilas Tentang Pemasaran

Pemasaran menurut American Marketing Association adalah serangkaian proses meliputi perencanaan sampai tahap pelaksanaan rencana seperti penetapan harga, promosi, dan distribusi suatu ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan organisasi (konsumen).

Demi tercapainya tujuan perusahaan. Masing-masing perusahaan perlu menyadari faktor-faktor yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam perjalanannya dalam menghadapi persaingan bisnis.


https://myskywriting.blogspot.com
Ilustrasi Produk yang dapat dipasarkan


Faktor-faktor tersebut di atas biasanya datang dari lingkungan internal suatu perusahaan itu sendiri ataupun dari lingkungan external perusahaan. Dalam menyusun strategi pemasaran yang baik, hendaknya memperhatikan kedua lingkungan perusahaan tersebut.

Lingkungan Internal dan Lingkungan External Perusahaan


Lingkungan internal perusahaan meliputi semua sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan baik dari kemampuan sumber daya manusia, peralatan mesin, kebijakan perusahaan dan sebagainya. Lingkungan eksternal perusahaan mencakup kondisi konsumen, kebijakan pemerintah, persaingan antar perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

Lingkungan-lingkungan tersebut secara berangsur-angsur dan pasti akan selalu mengalami perubahan, sehingga perusahaan harus dapat mengambil sikap dari setiap perubahan pada elemen lingkungannya.

Perusahaan harus mampu menyikapi perubahan lingkungan dengan cepat, tepat dan bijak. Perusahaan yang mampu merealisasikan tujuannya hanya yang dapat beradaptasi dan menyikapi lingkungannya dengan bijak. Apabila perusahaan salah menyikapi maka akan membawa perusahaan pada kegagalan atau ketidak-berhasilan.

Dalam melakukan upaya tersebut perusahaan di haruskan untuk melakukan dan bertindak dengan sangat baik. Perusahaan harus di pacu kearah yang tepat, seorang pimpinan perusahaan bersama-sama dengan staff atau jajarannya harus mengambil suatu keputusan yang biasa di sebut strategi.


Strategi Dan Kebijakan Dalam Perusahaan


Sikap perusahaan dalam menyikapi setiap gejolak tersebut inilah yang biasa disebut dengan strategi, strategi merupakan satu kesatuan rencana yang komprehensif dan terpadu yang menghubungkan internal perusahaan dengan situasi lingkungan eksternal agar tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan yang telah direncanakan.

Langkah strategis direncanakan sebaik mungkin atas dasar tujuan pokok yang hendak dicapai sehingga dalam mencapai sebuah tujuan, strategi memberikan sebuah gambaran bagaimana mencapai tujuan tersebut. Perusahaan didirikan pasti memiliki tujuan dan proses yang berbeda walaupun secara dasar tujuan setiap perusahaan adalah sama, yaitu sama-sama berusaha untuk menghasilkan laba atau keuntungan yang maksimal dari adanya pertukaran barang ataupun jasa perusahaan kepada konsumen.
Apabila tujuan perusahaan ialah untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal tersebut maka tujuan dari kegiatan pemasaran perusahaan adalah untuk membuat penjualan dengan nilai yang besar dengan jalan memahami konsumen dengan sebaik-baiknya sehingga produsen mampu menghasilkan produk atau jasa yang sesuai dan terjual dengan sendirinya.

Usaha untuk mencapai kapasitas pemasaran yang berlebihan, untuk pendapatan maksimal. Masing-masing perusahaan memiliki langkah-langkah atau strategi pemasaran yang berbeda-beda. Strategi pemasaran ialah logika pemasaran yang dipakai dalam unit bisnis untuk mencapai sebuah tujuan pemasaran.

Penyusunan strategi dan penentuan strategi sampai penerapan strategi ini dapat dilakukan oleh manajer pemasaran dengan membuat keputusan yang tepat sasaran. Kebijakan yang tepat dan pelaksanaan yang baik pula oleh segenap staff dan jajarannya akan berdapat keberhasilan sementara sedikit kesalahan kecil dan melupakan beberapa atau salah satu faktor di atas dapat menjadi musibah bagi suatu perusahaan.

Kebijakan yang di ambil oleh manajer pemasaran bersama-sama dengan pucuk pimpinan perusahaan, dapat meliputi 4 faktor, yaitu Produk, Price, Place, dan Promotion. Kesemuanya itu menyatu dalam istilah bauran pemasaran, yang diterapkan suatu perusahaan. Dengan harapan proses pemasaran dapat tepat sasaran memberikan kepuasan kepada konsumen sekaligus tujuan pokok perusahaan tercapai yaitu profit yang sebesar-besarnya.

Salam sukses

by Rahim SE

0 komentar:

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...