Sekilas Tentang Pemasaran
Pemasaran menurut American Marketing Association adalah serangkaian proses meliputi perencanaan sampai tahap pelaksanaan rencana seperti penetapan harga, promosi, dan distribusi
suatu ide,
barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan organisasi (konsumen).
Demi tercapainya tujuan perusahaan. Masing-masing perusahaan perlu menyadari faktor-faktor yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam perjalanannya dalam menghadapi persaingan bisnis.
Ilustrasi Produk yang dapat dipasarkan |
Faktor-faktor tersebut di atas biasanya datang dari lingkungan internal suatu perusahaan itu sendiri ataupun dari lingkungan external
perusahaan. Dalam menyusun strategi pemasaran yang baik, hendaknya memperhatikan kedua lingkungan perusahaan tersebut.
Lingkungan Internal dan Lingkungan External Perusahaan
Lingkungan internal perusahaan meliputi semua sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan
baik dari kemampuan sumber daya manusia, peralatan mesin, kebijakan perusahaan
dan sebagainya. Lingkungan
eksternal perusahaan mencakup
kondisi konsumen, kebijakan pemerintah, persaingan antar perusahaan yang bergerak di bidang yang
sama.
Lingkungan-lingkungan tersebut secara berangsur-angsur dan pasti akan selalu mengalami perubahan, sehingga
perusahaan harus dapat mengambil sikap
dari setiap perubahan pada elemen lingkungannya.
Perusahaan
harus mampu menyikapi perubahan lingkungan dengan cepat, tepat dan bijak.
Perusahaan yang mampu merealisasikan tujuannya hanya yang dapat beradaptasi dan
menyikapi lingkungannya dengan bijak. Apabila perusahaan salah menyikapi maka
akan membawa perusahaan pada kegagalan atau ketidak-berhasilan.
Dalam melakukan upaya tersebut perusahaan di haruskan untuk melakukan dan bertindak dengan sangat baik. Perusahaan harus di pacu kearah yang tepat, seorang pimpinan perusahaan bersama-sama dengan staff atau jajarannya harus mengambil suatu keputusan yang biasa di sebut strategi.
Dalam melakukan upaya tersebut perusahaan di haruskan untuk melakukan dan bertindak dengan sangat baik. Perusahaan harus di pacu kearah yang tepat, seorang pimpinan perusahaan bersama-sama dengan staff atau jajarannya harus mengambil suatu keputusan yang biasa di sebut strategi.
Strategi Dan Kebijakan Dalam Perusahaan
Sikap
perusahaan dalam menyikapi setiap gejolak tersebut inilah yang biasa disebut
dengan strategi, strategi merupakan satu kesatuan rencana yang komprehensif dan
terpadu yang menghubungkan internal perusahaan dengan situasi lingkungan
eksternal agar tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan yang telah
direncanakan.
Langkah strategis
direncanakan sebaik mungkin atas dasar tujuan pokok yang hendak dicapai
sehingga dalam mencapai sebuah tujuan, strategi memberikan sebuah gambaran bagaimana
mencapai tujuan tersebut. Perusahaan didirikan pasti memiliki tujuan dan proses
yang berbeda walaupun secara dasar tujuan setiap perusahaan adalah sama, yaitu
sama-sama berusaha untuk menghasilkan laba atau keuntungan yang maksimal dari
adanya pertukaran barang ataupun jasa perusahaan kepada konsumen.
Apabila
tujuan perusahaan ialah untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal tersebut
maka tujuan dari kegiatan pemasaran perusahaan adalah untuk membuat penjualan dengan
nilai yang besar dengan jalan memahami konsumen dengan sebaik-baiknya sehingga
produsen mampu menghasilkan produk atau jasa yang sesuai dan terjual dengan
sendirinya.
Usaha untuk
mencapai kapasitas pemasaran yang berlebihan, untuk pendapatan maksimal. Masing-masing
perusahaan memiliki langkah-langkah atau strategi pemasaran yang berbeda-beda.
Strategi pemasaran ialah logika pemasaran yang dipakai dalam unit bisnis untuk mencapai
sebuah tujuan pemasaran.
Penyusunan strategi dan penentuan
strategi sampai penerapan strategi ini dapat dilakukan oleh manajer pemasaran dengan membuat keputusan yang tepat sasaran. Kebijakan yang tepat dan pelaksanaan yang baik pula oleh segenap staff dan jajarannya akan berdapat keberhasilan sementara sedikit kesalahan kecil dan melupakan beberapa atau salah satu faktor di atas dapat menjadi musibah bagi suatu perusahaan.
Kebijakan yang di ambil oleh manajer pemasaran bersama-sama dengan pucuk pimpinan perusahaan, dapat meliputi 4 faktor, yaitu Produk, Price, Place, dan Promotion. Kesemuanya
itu menyatu dalam istilah bauran pemasaran, yang diterapkan suatu perusahaan. Dengan harapan proses
pemasaran dapat tepat sasaran memberikan kepuasan kepada konsumen sekaligus
tujuan pokok perusahaan tercapai yaitu profit yang sebesar-besarnya.
Salam sukses
by Rahim SE
0 komentar:
Post a Comment