Lazada Affiliate

Bagusan Windows atau Linux, Mari Berbagi Pengalaman

Windows Atau Linux


Linux Ubuntu merupakan salah satu dari sekian banyak sistem operasi open source. Dari sekian banyak sistem operasi, Linux Ubuntu adalah favorit saya, mengapa?


Berdasarkan pengalaman pribadi dalam menggunakan berbagai distro Linux, Ubuntu yang paling minim bugs. Karena selama menggunakan Linux Ubuntu jarang sekali mengalami masalah yang berarti.



https://myskywriting.blogspot.com
Ilustrasi 

Tapi bukan berarti bebas dari masalah, karena tidak ada sistem operasi yang sempurna. Semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan minimnya bugs tersebut, membuat pengguna betah dan nyaman menggunakan OS yang satu ini. Bahkan Linux Ubuntu sempat menjadi sistem operasi utama/primer di salah satu laptop penunjang kerja online saya.
Kelebihan Ubuntu berdasarkan pengalaman saya
Open source. Bebas digunakan tanpa perlu mengkhawatirkan lisensi. Yes, jadi tidak perlu main crack yang tidak jelas dan bakal menyusahkan di kemudian hari. Hal itu pada akhirnya malah menghabiskan waktu dengan percuma hanya untuk mencari serial number yang fake, crack, cheating license, atau tujuan lain yang serupa.

Dengan memakai Linux Ubuntu, nantinya akan terbiasa dengan lingkungan Linux dan command-command yang sering digunakan pada berbagai keperluan, seperti untuk mengelola server sendiri, dll. Karena Linux Ubuntu juga salah satu sistem operasi yang paling sering digunakan untuk server.

Kecenderungan terserang virus jauh lebih kecil. Namun tidak menutup kemungkinan Linux Ubuntu akan terkena virus. Akan tetapi dari angka-angka keluhan ya, lumayan safety. Karena Virus itu dapat menyerang dari berbagai sumber yang paling utama adalah dari internet dan juga flash drive atau jenis memori kecil lainnya ketika digunakan secara bergantian.

Apa yang membuat Linux Ubuntu menjadi favorit? Jika masih belum familiar dengan Ubuntu bisa memanfaatkan fitur “Try it before you install it” atau Try Ubuntu yang berarti Anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Mencoba memakai Ubuntu namun tanpa memerlukan proses install.

Bila anda sudah familiar dan merasa nyaman, barulah melangkah lebih langjut yaitu menginstallnya. Apabila anda masih belum yakin 100%? Easy joing, masih ada beberapa pilihan yang tanpa risiko, yaitu Anda bisa “install Linux Ubuntu inside Windows“, Sehingga, jika ada suatu hal yang terjadi pada OS Linux Ubuntu, anda dapat membuat langkah safety yaitu menghapusnya. Dan anda pun dapat menggunakan Windows seperti semula.
OS yang satu ini sudah dibekali beberapa aplikasi bawaan yang cukup lengkap. Jangan berpikir bahwa Linux Ubuntu itu sangat minim sekali aplikasi. Buktinya, pada Ubuntu ada banyak sekali aplikasi yang bisa langsung digunakan, bahkan itu sudah standar office lho. Sedikit tambahan, Linux adalah ibu dari android. Tentu os yang satu ini sangat familiar di telinga anda, sebab hampir di mana saja anda menenteng os android ini di smartphone anda.

Linux Ubuntu sudah tersedia office bawaan, seperti LibreOffice. Mengenai lisensinya bagaimana? Don’t worry, it’s free! Bahkan Linux Ubuntu fresh install juga sudah terinstall browser keren, yaitu Mozilla Firefox. Dan masih banyak lagi aplikasi lain yang cocok digunakan untuk berbagai pekerjaan. Untuk manage email, sudah ada ThunderBird Mail. Cukup lengkap bukan, untuk menjadi teman keseharian kita. Aplikasi lain untuk tujuan editing layaknya Photoshop, yaitu Gimp atau pengolah vektor seperti InkScape. Namun jangan berharap banyak untuk menemukan semua fitur yang ada di Photoshop di aplikasi ini, akan cukup mengecewakan anda.

Lupakan masalah driver ketika install Ubuntu, karena di sinilah kerennya Linux khususnya Ubuntu. Ketika selesai melakukan install, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah driver yang belum terinstall, karena Ubuntu sudah support pada kebanyakan peripheral komputer yang ada. 

Linux Ubuntu Software Center. Membuat pengguna melupakan mencari aplikasi secara manual, dengan adanya Ubuntu Software Center install aplikasi menjadi mudah. Hal ini sama halnya dengan playStore di android anda. Cukup dengan memanfaatkan Software Center, dapatkan aplikasi yang anda butuhkan, install. This is smart way.
Apakah anda sudah jenuh dengan UI suatu OS yang begitu-begitu saja? Linux Ubuntu dapat menjadi alternatif untuk mengatasi rasa bosan tersebut.

Tampilan (Graphical user interface) Linux Ubuntu mempunyai ciri khas tersendiri yang memungkinkan penggunanya nyaman dan betah berlama-lama mengoperasikannya. Dan menurut penilaian pribadi, GUI Linux Ubuntu lebih soft dan nyaman untuk dipandang. 

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...