Lazada Affiliate

Pesawat tempur US terbang di Laut Cina Timur

Pesawat tempur jenis B-1 terbang di atas SCS, laut cina timur


Kegiatan seperti ini adalah kejadian pertama kali dilakukan.  Wilayah tersebut sendiri sebenarnya dalam kondisi yang tidak kondusif. Wilayah ini di klaim Negara Jepang dan Negara China sebagai wilayah mereka.


Kegiatan ini dapat dikategorikan sebagai kegiatan operasi militer gabungan antara Amerika dengan Jepang. Dalam operasi ini melibatkan pesawat tempur jenis AS B-1 dan jet tempur Jepang jenis F-15.
Sebagaimana dikabarkan CNN, dalam operasi militer gabungan yang berlangsung malam hari tepatnya kamis malam. Untuk pertama kalinya antara kedua Negara ini Amerika dan Jepang, mereka telah melintasi wilayah yang menurut Jepang dan China adalah wilayah mereka.

Wilayah yang dilalui  adalah wilayah perairan yang disengketakan di Laut China Timur dan Laut China Selatan. Informasi ini dibenarkan oleh pejabat tinggi pertahanan AS.

Tujuan kegiatan menurut kedua belah pihak adalah untuk melatih kemampuan.

Operasi militer seperti ini adalah kali pertama terjadi. Dalam misi ini melibatkan pesawat B1 dari komando pasifik bersama dengan pesawat tempur F-15 milik Jepang. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan kedua belah pihak.

Operasi militer seperti ini selain mengasah kemampuan, sekaligus menunjukkan kemampuan kedua belah pihak yang terlibat kepada dunia. Dalam kondisi biasa kegiatan seperti ini tentu saja hal yang normal dan lumrah dilakukan, namun dengan adanya sengketa dan melalui wilayah sengketa seperti ini tentu bagi pihak terkait akan menjadi suatu pesan tersirat.
Walau kedua belah pihak menyatakan demonstrasi seperti ini adalah hal yang biasa dan normal serta dapat dilakukan bersama Negara mana pun yang bersekutu dengan mereka. Tetap saja orang akan menilai lain semua itu. Operasi bersama yang melibatkan dua Negara seperti ini memang hal yang biasa terjadi dan tidak terbatas untuk Negara tertentu saja.

Angkatan pertahanan Jepang (The Japanese Air Self Defense Force) menyatakan bahwa misi ini bukan sebagai pesan atau memamerkan kemampuan atau kehebatan Negara mereka. Walau sebelumnya telah terjadi penutupan di perairan tersebut yang dilakukan oleh kapal-kapal perang dan pesawat-pesawat tempur dari Negara China.

Kepala operasi militer, angkatan udara Pasifik milik Amerika sendiri menyatakan kegiatan yang berlangsung malam hari bersama sekutu mereka Negara Jepang merupakan langkah yang baik, aman dan efektif sebab melatih kemampuan sangat penting untuk kedua belah pihak. Demikian pernyataan Mayor Ryan Simpson, kepala operasi Angkatan Udara Pasifik.

an Pertahanan Jepang mengklaim bahwa misi tersebut tidak dimaksudkan untuk mengirim pesan ke negara-negara tertentu meskipun penutupan sebelumnya Laut China Timur (ECS) oleh kapal-kapal China dan pesawat tempur.
Amerika sendiri secara terbuka telah menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan Jepang dan menentang keputusan pihak dari Beijing-China yang mengakui daerah tersebut sebagai bagian dari wilayah kedaulatan Laut China Selatan the South China Sea (SCS). Awal tahun ini, Menteri Pertahanan AS James Mattis menegaskan kembali komitmen Amerika untuk membela Jepang dan pulau-pulau yang disengketakan, sebagaimana dilaporkan oleh CNN.
Sengketa ini sendiri sudah berlangsung bertahun-tahun antara kedua Negara, Jepang dan China. China sendiri menyatakan telah terjadi provokasi militer politik dan militer yang serius terkait dengan aksi pada tanggal 2 Juli. Pada saat itu, kapal perusak Angkatan Laut AS berlayar dalam jarak 12 mil dari sebuah pulau yang disengketakan di SCS.

Sementara misi yang terakhir ini yang dilakukan oleh Jepang dan Amerika dengan melibatkan pesawat tempur jenis F-15 dan pesawat tempur jenis B-1 milik US tidak begitu saja dilakukan menurut beberapa pihak. Misi tersebut hadir menjelang pertemuan Presiden Donald Trump dengan rekan China Xi Jinping pada pertemuan puncak G20 yang sedang berlangsung di Hamburg, Jerman.

1 komentar:

Ismail said...

Awal kehancuran dan awal bencana adalah ego pemimpin.

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...