Lazada Affiliate

Kuliah di USA anda dapat bekerja lho PART I

Kuliah di negara besar dan modern seperti US pastinya suatu kebanggaan tersendiri.

Tidak semua orang se-beruntung itu dapat menginjakkan kaki di negeri itu apalagi untuk menempuh jenjang pendidikan.

Namun jika anda adalah salah satu di antara mereka yang beruntung maka tentu anda harus mempersiapkan diri dari sekarang.


http://myskywriting.blogspot.com/
Ilustrasi


Banyak sekali yang menarik dari perkuliahan di negeri itu. Salah satunya adalah adanya kesempatan untuk mendapat income atau penghasilan sampingan. Paling tidak hal ini dapat membantu biaya hidup selama di sana dan sekaligus menjadi pengalaman tambahan. Hal ini adalah nilai plus untuk CV Anda nantinya.

Bekerja sambil kuliah sangatlah umum di Amerika.

Dikutip dari hotcourses.co.id
Berikut ini adalah gambaran mengenai peraturan dan ketentuan visa yang perlu Anda ketahui untuk dapat bekerja sambil berkuliah di Amerika.

Ijin kerja ditentukan oleh jenis visa pelajar. Terdapat 3 tipe visa: F-1, M-1, dan J-1. Pemegang visa F-1 dan J-1 dapat bekerja dalam kampus selama maksimal 20 jam per minggu semasa perkuliahan, dan dapat bekerja hingga 40 jam kerja pada masa liburan. Sementara pemegang visa M-1 tidak diijinkan untuk bekerja.


Mahasiswa yang telah terdaftar untuk program kuliah purna waktu di universitas atau kolese Amerika memerlukan visa F-1. Visa ini tidak mengijinkan mahasiswa tahun pertama untuk menerima pekerjaan di luar kampus. Setelah tahun pertama, mahasiswa diijinkan untuk bekerja selama 20 jam per minggu pada masa perkuliahan, dan bekerja hingga 40 hari pada masa liburan.

Dalam kondisi tertentu, misalnya terdapat kesulitan finansial, US Citizenship & Immigration Services (USCIS ) dapat memberikan ijin kerja kepada pemegang visa F-1 sehingga pada tahun pertama pun mereka dapat bekerja.

Untuk mendapatkan ijin kerja ini, pemegang visa perlu membuktikan bahwa tidak tersedia lowongan kerja di kampus, dan harus membayar biaya permohonan sebesar US$ 380. Waktu pemrosesan dapat memakan waktu 90 hari, dan ijin kerja ini berlaku selama satu tahun.

Terdapat dua tipe pekerjaan dalam kampus yang tersedia bagi pemegang visa F-1. Mereka dapat bekerja dengan perusahaan-perusahaan yang merupakan mitra kerja universitas, misalnya toko buku kampus, kafe, toko atau lembaga pendidikan lainnya yang bekerjasama dengan universitas. Misalnya mahasiswa dapat bekerja sebagai asisten penelitian profesor, atau mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan akademis.
Pada tahun pertama perkuliahan, USCIS juga dapat memberikan pemegang visa F-1 ijin untuk mengikuti Curricular Practical Training (CPT) atau Optional Practical Training (OPT) selama 1 tahun.

lanjutkan membaca artikel ini di Kuliah di USA anda dapat bekerja lho PART II

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...