Lazada Affiliate

Cara Menulis Meta Description Yang Efektif Dan Menarik

Meta Description Yang Efektif Dan Menarik


Sebagai pengguna internet, anda tentu sering mencari sesuatu hal di dunia maya menggunakan mesin pencari seperti google atau mesin pencari seperti yahoo maupun search engine yandex dari rusia. Bukan pengalaman baru anda menemukan hasil pencarian yang terkadang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya anda cari. Pertanyaannya, mengapa terjadi demikian? Satu hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi karena penggunaan meta deskripsi yang sangat efektif sehingga mendapat prioritas dari sistem pembaca mesin penelusuran.

Meta deskripsi bukan segalanya, namun penggunaan robot yang baik dan relevan dalam meta deskripsi bisa menjadi harapan terakhir anda dalam memenangkan persaingan hasil SERP (Search Engine Results Page) untuk menarik lebih banyak kemungkinan pengunjung menemukan alamat situs, website atau blog anda.

Cara Menulis Meta Description Yang Efektif Dan Menarik https://myskywriting.blogspot.com/
Cara Menulis Meta Description Yang Efektif Dan Menarik

Banyak sekali pengembang website terkadang memandang sebelah mata hal ini. Namun jika dikaji lebih dalam faktor kecil yang diberikan oleh meta deskripsi ternyata sangat membantu dalam perebutan hasil SERP untuk situs, website atau blog anda. Meta deskripsi yang diabaikan berarti anda mengabaikan satu kesempatan lain untuk terlihat di dalam SERP.

Terlalu banyak pengembang website yang sibuk dengan teknik SEO tingkat tinggi dan melupakan hal kecil seperti meta deskripsi ini. Hal serupa yang paling banyak dilupakan terutama bagi mereka pemilik website atau situs penjualan barang-barang digital sejenis e-book, game, atau software. Saking sibuknya mempercantik tampilan untuk lebih kelihatan dinamis dan membuat konten melimpah sehingga melupakan hal ini.

Salah satu hal penyebab masalah ini adalah mereka tidak menemukan tempat yang tepat untuk meletakkan meta deskripsi mereka kedalam template buatannya. Sehingga otomatis, meta deskripsi sama sekali tidak terlihat oleh tim entri data. Utamanya pemilik website yang mempekerjakan banyak orang untuk mengirim konten ke dalam situs atau website mereka.

Solusi terbaik untuk ini tentu saja anda membutuhkan template yang SEO-friendly yang dapat membantu segala kebutuhan anda. Bagi anda yang membutuhkan template SEO-friendly dengan meta description tersedia untuk tenaga entri data anda, dapat menghubungi kami. Silahkan klik link contact untuk menghubungi kami.

Bagaimana cara mengatasi masalah-masalah seperti di atas menjadi lebih baik? Hal pertama yang harus anda pahami adalah pengertian dari meta deskripsi itu sendiri terlebih dahulu.


Apa itu Meta Description?

Pertama, deskripsi meta adalah penjelasan sederhana dibawah judul di dalam halaman hasil penelusuran (SERP). Tujuan deskripsi meta ini adalah untuk memberi gambaran secara singkat isi halaman dengan judul terkait dari situs atau website anda, seperti yang sering anda temukan pada SERP ketika mengakses mesin pencari seperti google search.

Tujuan deskripsi singkat ini tidak lain yaitu untuk memberi informasi dan sekaligus meyakinkan pengguna mesin pencari untuk langsung meng-klik judul tautan URL situs website anda. Kata yang sesuai dengan apa yang mereka cari akan tercetak tebal di dalam rangkaian kalimat deskripsi anda.

Cara Menulis Meta Deskripsi

Kecenderungan mereka para pengguna mesin pencari untuk meng-klik hasil ketiga teratas pencarian, SERP tertentu. Perlu anda pahami kecenderungan ini, sebab sangat jarang di antara mereka yang akan menggunakan banyak waktu untuk menggulir layar kebawah dan mencari hasil yang lain. Kecenderungan seperti ini akan terjadi jika deskripsi yang diberikan untuk suatu judul URL situs website sudah mengena dengan apa yang mereka cari.

Mesin pencari bekerja dan mengurut sedemikian rupa untuk menampilkan kata dalam deskripsi yang paling mendekati dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna. Dengan demikian pengguna yang oga-ogahan berlama-lama di halaman hasil pencarian, SERP. Mereka akan menjadi manusia dengan kecenderungan diatas untuk meng-klik pemilik posisi teratas dari SERP. Di sinilah point penting untuk memenangkan peringkat SERP.


Jika sistem mesin pencari tidak menempatkan situs, website, atau blog anda dalam posisi teratas atau paling tidak 5 besar. Maka kemungkinan untuk mendapat kunjungan terasa sangat sulit tercapai. Inilah point penting meta deskripsi yang baik dan relevan.

Oleh sebagaian webmaster memasukkan begitu banyak meta deskripsi untuk mencari peringkat sering dilakukan. Namun, inilah awal kegagalan utama anda. Tentu anda masih ingat tulisan tips SEO yang lalu. Penggunaan keyword atau kata kunci dalam SEO On-Page yang berlebihan dapat menjadikan situs website atau blog anda terkena penalty dan jatuh di dalam SERP.

Baca juga artikel Menghindari Penalti Search Engine

Penggunaan meta deskripsi yang menggunakan robot word jauh lebih baik. Karena akan menganalisa kata demi kata di dalam kiriman artikel anda. Namun kesan bagi pengguna tidak meyakinkan. Pengguna seringkali menghindari alamat URL situs atau website yang memiliki peringatan ini adalah hasil robot txt.

Pengguna pada dasarnya hanya akan meng-klik hasil yang mereka anggap sebagai hasil yang paling valid dan paling relevan dengan apa yang mereka cari. Kecenderungan yang lain yaitu hasil teratas yang ditampilkan oleh SERP itu sendiri, walau demikian sebagai pengguna tentu yang diharapkan adalah hasil yang sangat relevan.

Trik Menulis Meta Deskripsi Judul Postingan Yang Baik

  • Harus membayangkan diri anda saat ini sebagai seorang pengguna. Apa kira-kira yang menjadi pertanyaan dan apa yang menjadi jawaban atas kebutuhan pengguna itu. 
  • Sebaiknya. Meta deskripsi mampu menjelaskan ke para pengguna mesin pencari jawaban untuk setiap pertanyaan dalam tulisan anda terkait dengan judul yang ditampilkan. Meta deskripsi yang mendekati dengan apa yang mereka butuhkan akan memiliki kecenderungan untuk di klik dan ditelusuri.
  • Memberitahukan informasi ke hadapan pengguna, apa yang mereka sebenarnya butuhkan saat ini dengan kata kunci yang mereka cari tersebut. Saat mereka, para pengguna melakukan pencarian. Mereka akan bersiap dengan dua kemungkinan. Terus mencari jawaban atau menentukan salah satu jawaban yang tampil. Di sinilah peranan meta deskripsi untuk meyakinkan mereka bahwa mereka sudah menemukan apa yang mereka sedang cari.
  • Sangat penting di dalam meta deskripsi menarik minat pengguna mengapa mereka harus menuju ke alamat URL anda.
  • Buat meta deskripsi terbaik anda dengan jumlah karakter di bawah 155 karakter. Pencarian seperti google sebenarnya tidak menggunakan jumlah karakter untuk ditampilkan tetapi menggunakan lebar piksel untuk menampilkan sesuatu. Alasan mengapa saya menyebutkan 155 karakter. Karena untuk lebar piksel yang disediakan mesin pencari seperti google saat ini, hanya dapat memuat paling tidak 155 karakter saja.


Dampak penggunaan Scam Meta Description

Banyak di antara penulis website atau blog menampilkan meta deskripsi yang menipu. Kejadian seperti itu bukan hanya satu atau dua kejadian. Namun begitu banyak terjadi saat ini, belum lagi diperparah oleh mereka yang menggunakan robot txt. Hal seperti ini, membuat hasil pencarian dari mesin pencari terbesar seperti google menjadi tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Penggunaan meta deskripsi spam seperti penipuan. Hanya akan menjaring pengunjung namun sama sekali tidak memberi sumbangsi positif untuk usaha anda. Mereka akan segera meninggalkan situs atau website anda jika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari dari awal penjelajahannya.

Meta deskripsi yang bersifat menipu seperti ini dikenal sebagai scam meta description. Biasanya meta deskripsi seperti itu di sediakan oleh robot yang sengaja dibuat oleh mereka hanya semata-mata mengejar rating pengunjung ke situs mereka. Salah satu yang melatarbelakangi ini adalah keinginan untuk mencapai keinginan total view yang besar. Hal serupa juga kadang dipengaruhi oleh keinginan pemilik situs untuk mendapat banyak view, agar iklan yang ditawarkan terlihat berulang kali oleh pengunjung.

Pengguna internet yang pintar akan menandai anda sebagai website spam sehingga tidak akan pernah lagi tampil di dalam halaman pencarian anda. Sangat merugikan bukan, menggunakan spam meta description. Semua kembali ke pribadi anda, berharap pengunjung potensial atau sekedar jumlah visit yang meningkat.

Apa yang terjadi jika anda tidak memasukkan meta deskripsi untuk setiap kiriman

Jika Anda tidak memasukkan deskripsi meta, mesin pencari seperti Google akan menampilkan cuplikan teks dari paragraf pertama halaman Anda. Jika ada kata kunci pencarian di teks itu, maka akan dicetak tebal.

Apakah hal ini tidak baik untuk nama anda di dunia maya? Jika anda adalah seorang pebisnis online dengan tujuan untuk menjual sejumlah barang kepada para pengunjung anda. Keterangan yang tidak mengena pada target yang ingin anda sampaikan berarti satu peluang closing penjualan yang hilang. Sekarang apakah anda seorang salesman yang ingin kehilangan kesempatan seperti itu? Saya kira tidak ada.

Akibat Menulis meta deskripsi dengan banyak kata kunci

Sebagian entri data dan pengembang melakukan trik seperti menaruh banyak kata kunci kedalam meta deskripsi untuk tujuan banyak dibaca dan ditampilkan oleh mesin pencari. Walau langkah seperti ini tidak etis namun menaruh banyak kata kunci ke dalam area meta deskripsi ternyata dapat mengangkat artikel atau tulisan yang dikirimkan ke internet berpeluang tampil di mesin pencari.

Dampak buruk bagi teknik semacam ini, meta deskripsi yang ditampilkan terkadang tidak menggambarkan isi yang sebenarnya dari isi judul URL utama. Cara seperti ini hanya memperbanyak page view atau jumlah visit tanpa potensi yang berdampak positif untuk perkembangan bisnis anda.

Tips Tambahan menulis meta deskripsi yang baik.

Membuat meta deskripsi adalah pekerjaan yang sangat mudah, anda hanya harus menuliskan serangkaian kalimat ke dalam kolom meta deskripsi yang tersedia di dalam template tema anda. Berikut adalah beberapa tip dan hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat deskripsi meta;

Buat meta deskripsi yang unik.

Rata-rata sistem mesin pencari mengetahui deskripsi meta generik yang dapat diprediksi saat mereka melihatnya di SERPs (walaupun mungkin tidak mengetahui deskripsi meta apa itu!). Gunakan kata-kata deskriptif dan lakukan yang upaya terbaik untuk mengambarkan isi kiriman artikel atau konten anda agar anda dapat terhubung dengan audience target Anda.

Buat meta deskripsi yang spesifik.

Kunci utama meta deskripsi yang bagus adalah mengajukan pertanyaan dan yang dapat menjawab sebuah masalah. Pertanyaannya harus spesifik dan tidak mengambang.

Buat meta deskripsi yang relevan

Hal utama lainnya yang harus menjadi fokus anda adalah selalu mengingat target audience Anda. Meskipun anda ingin menarik lebih banyak orang di luar target pemirsa anda, orang-orang yang berada di dalam target utama anda jauh lebih penting. Hal seperti itu yang seharusnya tetap menjadi tolak ukur anda.

Kesimpulan

  • Meta deskripsi yang relevan terdiri atas 2 sampai 3 kalimat untuk menggambarkan isi dari kiriman, konten atau tulisan artikel anda.
  • Deskripsi meta yang baik merupakan kesempatan untuk memenangkan SERP dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pengunjung potensial ke dalam situs, website atau blog anda.
  • Pastikan anda membuat meta deskripsi yang terbaik untuk meyakinkan orang, pengunjung untuk memilih meng-klik tautan URL anda daripada pesaing anda.
  • Gunakan template dengan input meta deskripsi sudah terintegrasi di dalamnya. Tujuan utamanya adalah memudahkan anda membuat meta deskripsi yang tepat, relevan dan menarik.
Semoga tulisan ini dapat menjadi bahan pembelajaran, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan di bawah atau ikuti kami untuk berlangganan. Salam sukses.

Posted in:

0 komentar:

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...