Lazada Affiliate

Indahnya laut dengan seribu ceritanya

Laut dan nelayan mereka ibarat ibu dan anak yang susah terpisahkan.

Laut merupakan bagian yang sangat luas di permukaan dunia ini. Anda tentu sepakat bahwa luas laut jauh melebihi luas daratan tempat kita beraktivitas sehari-hari.

Laut menyumbang begitu banyak manfaat bagi kehidupan umat manusia. 

Begitu banyak manfaat yang diberikan laut bagi kelangsungan hidup manusia. Untuk menjelaskan satu persatu rasanya akan begitu panjang artikel ini. Satu hal yang paling mudah anda ingat adalah laut memberi kita sumber protein yang memadai bagi kehidupan keseharian kita.

http://myskywriting.blogspot.com/
Laut Pantai Barombong 

Laut bagi kalangan tertentu menjadi tempat untuk mencari inspirasi. Sementara bagi kalangan lain seperti nelayan, laut adalah sumber mata pencaharian. Laut bagi nelayan adalah kantor yang nyaman. Di sanalah mereka menghabiskan hampir setiap jam kehidupan mereka. Laut menjadi sumber dan jalan hidup mereka, maka tidak jarang kita mendengar pelaut berkata. “laut adalah ibu mereka dan mereka tidak dapat pergi jauh meninggalkan ibu mereka”.

Saya pribadi adalah pencinta keindahan laut, sejak saya kecil sampai sekarang laut saya rasa membawa kedamaian tersendiri bagi jiwa saya. Bermula dari aroma, angin dan cahaya yang dipantulkan. Laut men-hipnotis saya untuk tetap betah duduk berjam-jam di tepian pantainya.

Arti Laut Bagi Nelayan

Bagi seorang nelayan, laut yang merupakan sumber mata pencaharian utamanya tentu akan mereka jaga sampai akhir hayatnya. Namun sayang seribu sayang, ada juga beberapa nelayan yang hanya berpikir sesaat dan hanya mengharapkan keuntungan semata rela melakukan semua hal yang sangat merusak.

Bom ikan merupakan salah satu tindak kejahatan dan sangat merusak lingkungan. Penjarahan terumbu karang dengan alasan apapun merupakan tindakan yang sangat merugikan. Semua itu terkadang mereka lakukan karena dijanjikan keuntungan jangka pendek semata.

Alam menerima kelakuan manusia, apakah hanya diam? Sebenarnya tidak. Alam itu terkadang memberontak namun hanya dengan pikiran yang dalam kita dapat memahaminya. Makanya hanya dengan tindakan sebagian orang dapat merugikan bagi mereka yang benar-benar menggantungkan hidup mereka kepada laut.

Nelayan yang paling pertama merasakan dampak dari tindakan brutal seperti di atas. Hasil panen mereka menjadi berkurang bahkan jauh dari apa yang mereka harapkan.

Lalu apakah hanya nelayan yang akan merasakan dampak kerusakan itu. Jika kita membuka pikiran lebih luas, sebenarnya yang menanggung semua itu bukan hanya nelayan. Kita juga akan menanggung resiko tersebut.

Kerugian yang kita alami apabila laut mengalami pengrusakan

Banyak sekali kerugian yang di alami dengan kerusakan lingkungan seperti laut. Berikut ini beberapa kerugian langsung maupun tidak langsung yang akan di alami dengan kerusakan laut, yaitu:

  • Apabila terjadi kerusakan yang berarti di dasar laut yaitu terumbu karang. Laut akan mengalami kerusakan seperti berkurangnya daya tahan laut terhadap abrasi sebab terumbu karang sangat berperan untuk memecah energi gelombang di bawah permukaan laut.
  • Kerusakan yang lain adalah terganggu-nya ekosistem alami laut. Kerusakan yang disebabkan oleh tangan-tangan jahil manusia sangat berpengaruh. Ikan akan sulit menemukan tempat yang tempat untuk berkembang biak yang berdampak dengan kurangnya populasi Terumbu karang merupakan ekosistem alami ikan. Dari 132 jenis ikan yang bernilai ekonomi di Indonesia, 32 jenis diantaranya hidup di terumbu karang, berbagai jenis ikan karang menjadi komoditi ekspor.
  • Daya tarik wisata akan berkurang, Laut adalah salah satu destinasi pariwisata. Keindahan laut dan terumbu karang adalah salah satu faktor penting komoditi ini.
  • Sumber obat yang berharga, banyak sekali obat yang berguna bagi manusia adalah hasil dari pencarian di perairan dan laut. Laut yang tercemar dan rusak tentu bukan tempat yang baik menemukan aneka obat berharga ini.
  • Hilangnya perpustakaan alami. Laut adalah sumber penelitian yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup ini. Hanya laut yang sehat, bersih dan alami yang dapat menjadi sumber ilmu yang berlimpah bagi para peneliti.


Simak terus postingan di blog ini untuk mendapatkan informasi berharga buat anda yang akan saya bocorkan kepada anda.

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...