Lazada Affiliate

Cara mudah melakukan transaksi jual beli secara online

Sistem Pembayaran Yang Tepat Sebagai Solusi Transaksi Jual Beli Secara Online


Sistem transaksi yang ada dewasa ini semakin mudah dan dipermudah dengan kemajuan sistem informasi.


Meskipun dalam melakukan transaksi keuangan beberapa pelaku bisnis masih menawarkan kepada pelanggan mereka suatu kesempatan pembayaran dengan menggunakan cek. Dalam kesepakatan ini, pelanggan diharuskan mengirim cek pembayaran melalui surat ke alamat penjual. Atau penjual mengirimkan informasi rekening banknya secara manual dengan sistem berkirim pesan SMS ke pelanggan mereka. Hal yang sangat tidak effective dan efficient bukan?
Dewasa ini metode tersebut sudah banyak ditinggalkan. Saat ini sangat sedikit pelanggan Internet yang akan menggunakan pendekatan itu, apalagi untuk penjualan dengan nilai nominal yang tidak terlalu besar.

https://myskywriting.blogspot.com/
Ilustrasi Sistem Perantara Transaksi Keuangan

Penggunaan metode pembayaran dengan metode cek saat ini hanya lumrah dilakukan untuk transaksi dalam jumlah besar di mana pihak pembeli dan pihak penjual bertemu secara langsung, baik pertemuan yang bersifat kunjungan pribadi atau melalui agen dari kedua belah pihak yang mewakili.

Masyarakat modern saat ini dalam melakukan transaksi menemukan metode yang banyak memudahkan yaitu sistem perantara transaksi keuangan.


Saat ini kebanyakan mereka pembeli online cukup cerdas dengan mengunakan sistem perantara transaksi keuangan seperti paypal, payooner, skrill atau web money dan mereka merasa nyaman dengan masalah keamanan yang ditawarkan. Mereka memberikan informasi kartu kredit atau debit hanya dengan melakukan “klik” pada beberapa tautan. Sehingga mereka dapat membayar kewajiban transaksi yang ada dan menerima barang pesanannya sesegera mungkin setelah pembayaran dikonfirmasi.

Penggunaan sistem pembayaran secara mudah tidak dapat dipungkiri merupakan hal mendasar dalam dunia bisnis. Keamanan dan kenyamanan transaksi adalah harapan kedua bela pihak, apakah anda berperan sebagai penjual atau anda dalam posisi sebagai pembeli.

Ilustrasi Kerja Pada Sistem Perantara Transaksi Keuangan

Metode transaksi keuangan dengan sistem perantara transaksi keuangan secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut.

Account merchant atau rekening penjual yang terdaftar pada sistem perantara transaksi keuangan menerima informasi kartu Anda sebagai pihak pembayar, sistem memverifikasi keaslian-nya, kemudian sistem secara otomatis memeriksa bank penerbit untuk memastikan dana yang tersedia mencukupi untuk melakukan transaksi yang dimaksudkan.

Prosesor pada sisten yang terpadu kemudian menempatkan otorisasi terhadap Account merchant atau rekening penjual  untuk menahan sejumlah dana. Artinya mereka menyimpan sejumlah uang anda, sehingga anda sebagai pelanggan tidak dapat menggunakan uang tersebut ditempat lain.

Pada saat yang bersamaan, prosesor pada sistem akan memverifikasi bahwa alamat dan informasi identifikasi lainnya yang disediakan di situs Anda sesuai dengan informasi kartu kredit anda. Biasanya sistem akan memberi pemberitahuan kepada anda di saat itu juga, baik berupa pemberitahuan di layar anda atau melalui token atau mungkin melalui pemberitahuan melalui sms dan telpon sesuai info notifikasi yang anda daftarkan untuk digunakan saat pembukaan rekening pelanggan.
Anda mempunyai wewenang penuh untuk melanjutkan transaksi atau akan membatalkan semua transaksi, Anda juga dapat menolak sejumlah pembayaran atau investigasi terkait lainnya sesuai kebijakan yang ada.

Proses seperti ini memungkinkan anda memiliki kemampuan mengendalikan lebih banyak dari kemungkinan resiko tolak bayar potensial seperti penggunaan lembar cek tradisional. Sistem seperti Verified By Visa dan MasterCard SecureCode juga dapat mengurangi beberapa kemungkinan terjadinya praktek kecurangan pembayaran yang belakangan banyak sekali terjadi.

Bagi pemilik Account merchant atau rekening penjual akan banyak diuntungkan oleh sistem perantara transaksi keuangan seperti ini. Salah satu keuntungantersebut, yaitu beban atau biaya dari setiap transaksi terverifikasi yang dikenakan akan kembali jatuh dalam biaya-biaya kartu kredit itu sendiri. Segalah biaya-biaya yang sukses atau gagal di verifikasi sama sekali bukan kewajiban pemilik Account merchant atau penjual.

Faktor-Faktor Pelayanan Sistem Perantara Transaksi Keuangan Yang Sangat Diharapkan

Dalam perkembangannya, setidaknya ada empat faktor pelayanan sistem perantara transaksi keuangan yang sangat diharapkan oleh kedua pihak yang terlibat dalam proses jual beli belakangan ini, yaitu; Praktis, cepat, aman, dan bebas hambatan.

Praktis.

Kedua belah pihak sangat mengharapkan solusi sistem perantara transaksi keuangan yang mudah diintegrasikan. Pihak penjual dan pihak pembeli sama-sama mengharapkan solusi praktis yang dapat membantu menyederhanakan sistem pelaporan keuangan, kepatuhan, dan sistem administrasi. Hal ini diharapkan oleh semua level skala usaha, baik skala usaha kecil, skala usaha menengah maupun skala usaha besar.

Cepat

Kedua belah pihak mengharapkan layanan solusi sistem perantara transaksi keuangan yang dapat menerima hampir semua jenis transaksi pembayaran utama dari pelanggan. Dalam kenyataannya setelah anda menerima transaksi berupa pembayaran, biasanya uang akan muncul terlebih dahulu di rekening sistem perantara transaksi keuangan anda dalam beberapa menit. Setelah itu anda dapat menarik ke rekening bank lokal anda atau anda dapat langsung membayar ke rekening bank supplier langsung dari rekening sistem perantara transaksi keuangan anda.

Aman

Kedua belah pihak mengharapkan layanan solusi sistem perantara transaksi keuangan yang dapat memberi jaminan keamanan secara keseluruhan. Baik pihak penjual maupun pembeli mengharapkan proses transaksi bisnis tersebut dapat berjalan jauh lebih aman.

Sistem perantara transaksi keuangan yang baik sedapat mungkin mampu melakukan penyaringan indikasi penipuan secara otomatis, dapat memantau transaksi kedua belah pihak 24 jam, memiliki kebijakan perlindungan keamanan yang dapat melindungi keamanan kedua belah pihak.

Pihak yang berada dalam posisi sebagai pembeli tentu mengharapkan perlindungan dengan tersedianya solusi untuk situasi-situasi yang mungkin terjadi, seperti barang pesanan tidak diterima, menerima barang yang berbeda dengan deskripsi awal transaksi, menerima barang hanya satu dari pembelian dua barang, kondisi barang yang cacat, memesan barang asli tetapi barang yang diterima adalah barang palsu. Perlindungan sistem perantara transaksi keuangan dalam hal ini dapat berupa pengembalian dana yang terlanjur sudah dibayarkan untuk pesanan yang salah tersebut.
Untuk itu sistem perantara transaksi keuangan harus tetap melakukan pemantauan terhadap kedua belah pihak sampai transaksi dinyatakan benar benar bersih dan bebas dari masalah atau sengketa yang mungkin akan terjadi

Pihak pembeli juga sangat mengharapkan Sistem perantara transaksi keuangan dapat memperpanjang tempo perlindungan serta memberi perlindungan extra yang disediakan. Perlindungan semacan ini biasanya dibutuhkan  untuk barang-barang yang memang membutuhkan perlakuan khusus atau barang barang yang di design secara terbatas dan bersifat unik. Sistem perantara transaksi keuangan dituntut untuk dapat memahami keadaan  bahwa barang-barang yang di design secara terbatas dan bersifat unik (limited edition) terkadang terjual dengan harga yang sangat mahal dan tentu membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan barang tersebut dibandingkan barang siap pakai sehari-hari.

Dukungan lain dalam hal keamanan yang diharapkan kedua belah pihak yaitu tersedianya dukungan untuk melaporkan kekhawatiran, seperti kecurigaan aktivitas, kecurigaan pencurian identitas, atau bahkan kecurigaan tindak penipuan.

Bebas Hambatan

Sistem perantara transaksi keuangan yang diharapkan oleh kedua belah pihak dalam proses transaksi jual beli yaitu mereka yang mampu berinovasi untuk memastikan baik pihak penjual maupun dari pihak pembeli mendapatkan pengalaman terbaik di mana saja.

Bagi anda yang dalam posisi sebagai penjual tentunya mengharapkan website anda dapat memberikan pengalaman transaksi terbaik kepada setiap konsumen anda. Pengalaman yang diharapkan pelanggan anda terlepas dari harga dan kualitas produk. Mereka mengharapkan suatu pengalaman checkout yang lebih cepat dan mudah, baik itu akses yang dilakukan di situs web, situs seluler, atau bahkan pada sistem aplikasi seperti IOS pada iPhone atau pada sistem aplikasi android. Semua pengalaman terbaik tersebut akan memberi keyakinan kepada pelanggan akan profesionalisme anda.

Sistem perantara transaksi keuangan yang memenuhi empat faktor tersebut di atas tentu keberadaannya sangat membantu terjadinya proses transaksi ekonomi yang sehat. Para pelaku bisnis sangat mengharapkan keberadaan sistem perantara transaksi keuangan agar dapat menjangkau pembeli dari seluruh dunia  serta menerima pembayaran dengan lebih cepat tanpa regulasi yang bertele-tele.

Selain ke empat faktor pelayanan tersebut tentunya kita sama-sama sepakat untuk menekan biaya yang mungkin akan muncul dalam setiap aktivitas bisnis. Sehingga belakangan ini sistem perantara transaksi keuangan yang diharapkan adalah mereka yang mampu bersaing dalam inovasi dan memberikan pengurangan biaya-biaya.

Pengurangan biaya-biaya yang di maksud, seperti;

  • Tidak membebankan biaya bulanan.
  • Tarif pedagang yang rendah
  • Memberlakukan kebijakan hanya membayar untuk jasa yang digunakan. Biaya yang dikenakan berdasarkan jumlah, kuantitas barang yang berhasil dijual.
  • Menyediakan diskon tarif pedagang untuk volume tertentu.
Demikian solusi sistem pembayaran transaksi jual beli secara online yang dapat kami jelaskan untuk anda. Silahkan pilih dari sekian banyak penyedia jasa sistem perantara transaksi keuangan yang banyak ditawarkan untuk kemudahan anda.

Simak terus perkembangan blog ini, jika anda merasa tulisan ini berguna silahkan bagikan ke orang lain dengan tetap melampirkan sumber aslinya, di tulis oleh Rahim, SE. dalam blog https://myskywriting.blogspot.com/ Salam sukses buat kita semua.

0 komentar:

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...