Tip SEOTerbaik Untuk Mengoptimalkan Pencarian Dengan Menggunakan Kata Kunci Bagian III
Tulisan ini
melanjutkan pembahasan yang lalu, dengan topik tersebut. Jika anda belum
membaca Tip
SEO Terbaik
Untuk Mengoptimalkan Pencarian
Dengan Menggunakan Kata
Kunci bagian I dan bagian II, silahkan simak terlebih
dahulu tulisan tersebut untuk membantu anda memahami apa yang akan dibahas
dalam tulisan ini.
Dalam
pembahasan yang lalu, dengan judul Tip SEO Terbaik Untuk MengoptimalkanPencarian Dengan Menggunakan Kata Kunci Bagian I kita sudah mengetahui, ada
empat faktor yang wajib kita lakukan. Tulisan sederhana melanjutkan pembahasan
tersebut.
Tip SEO On-Page |
Setelah anda
memahami proses audit dalam tulisan sebelumnya dengan judul Tip SEO TerbaikUntuk Mengoptimalkan Pencarian Dengan Menggunakan Kata Kunci Bagian II.
Maka sekarang
yang harus anda pahami adalah bagaimana melanjutkan proses tersebut. Anda
sangat perlu memahami tempat-tempat kritis di dalam situs, website atau blog
anda yang memerlukan penambahan kata kunci untuk memudahkan penelusuran mesin
pencari menemukan situs, website atau blog anda.
Untuk
menerapkan SEO On-Page yang benar, efektif, dan efisien ke dalam situs, website
atau blog anda. Anda dapat mengoptimalkannya dengan cara meletakkan kata kunci yang
tepat kedalam konten, halaman atau kiriman itu sendiri. Tentu anda sepakat,
meletakkan kata kunci di dalam situs, website atau blog. Namun yang menjadi
pertanyaan, di mana tempat terbaik dan paling tepat untuk meletakkannya?
Di dalam situs, website atau blog anda. Ada beberapa tempat yang sangat ideal untuk menyisipkan kata kunci sebagai langkah mengoptimalkan SEO On-Page situs, website atau blog anda.
Berikut
adalah daftar beberapa tempat terpenting untuk mengoptimalkan kata kunci yang telah
Anda tentukan sebelumnya ke dalam situs, website atau blog anda:
- Judul
- Deskripsi
- Judul & konten
- Judul Gambar & Teks Alt
- URL
Jika Anda
belum mengoptimalkan setiap bagian situs, website atau blog anda sejak pertama
kali. Maka sekarang anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Namun
jika anda berhasil melakukannya, hal tersebut akan sangat setimpal dengan hasil
yang akan anda terima untuk kelangsungan situs, website atau blog anda di masa
yang akan datang.
Bagi anda
yang mulai merintis situs, website atau blog ini akan menjadi kabar baik
sehingga anda tidak membuat kesalahan yang akan menyulitkan anda dikemudian
hari.
Baik, kita
lanjutkan pembahasan sederhana ini.
Meletakkan kata kunci ke dalam judul
Anda terlebih
dahulu harus memahami apa yang di maksud dengan judul. Judul adalah elemen HTML
yang digunakan untuk menggambarkan topik halaman web.
Judul adalah
sesuatu yang paling pertama di lihat pelanggan anda dalam halaman hasil
penelusuran mesin pencari. Judul biasanya berada di bilah paling atas suatu konten,
halaman atau kiriman.
Judul
memiliki dampak langsung terhadap Rasio Klik Tayang (RKT) situs, website atau
blog anda bagi logaritma dari alat mesin penelusuran. Untuk membuat judul situs,
website atau blog anda ramah terhadap sistem pencarian dan mudah di klik anda
dapat melakukan beberapa langkah berikut.
Buatlah judul
dengan jumlah karakter maksimal 65 karakter saja. Tujuan metode ini agar judul
anda tidak terpotong pada halaman hasil penelusuran mesin pencari. Secara
teknis mesin pencari seperti google tidak mengukur jumlah karakter melainkan
lebar piksel yang digunakan. Lebar piksel yang digunakan adalah 600 piksel,
artinya untuk hasil penelusuran organic tersedia sekitar 65 karakter.
Sertakan
salah satu kata kunci atau phrase kata kunci anda di dalam judul tersebut. Hal
ini akan memudahkan logaritma mesin pencari mengindeks kiriman di dalam situs,
website atau blog anda. Sedapat mungkin anda meletakkan kata kunci dibagian
depan untuk menurunkan resiko terabaikan pada SERPs
Meletakkan kata kunci ke dalam Deskripsi
Deskripsi,
juga dikenal sebagai meta description, ditunjukkan pada hasil pencarian di
bawah judul dan URL. Deskripsi pada jaman-jaman yang lalu dapat membantu
meningkatkan RKPT, namun saat ini, deskripsi sebenarnya tidak memiliki dampak langsung
terhadap sistem logaritma atau metode penelusuran mesin pencari.
Deskripsi
tidak lain untuk kebutuhan “manusia” pengguna mesin pencari itu sendiri.
Deskripsi akan memberi gambaran singkat seberapa relevan hasil mesin pencari
terhadap kebutuhan pengguna, orang yang melakukan pencarian.
Tujuan
deskripsi adalah sarana informasi kepada pengguna tentang apa yang ditampilkan
mesin pencari. Untuk itu anda sebaiknya menggunakannya untuk memberi tahu
kepada pencari mengapa mereka harus meng-klik apa yang anda sajikan. Gunakan
salah satu kata kunci atau phrase target dalam deskripsi meta anda, sehingga
mereka tahu konten, halaman, kiriman anda relevan dengan apa yang mereka cari.
Selain itu hal ini akan memberi nilai positif agar apa yang anda sajikan menarik
bagi mereka.
Meletakkan kata kunci ke dalam Judul & konten
Sangat
penting untuk meletakkan kata kunci ke dalam judul dan konten sekaligus. Logika
yang harus anda pahami, anda akan betah dalam halaman atau kiriman tulisan
tersebut jika apa yang anda cari anda temukan di dalam judul dan konten kiriman
tersebut.
Google
menggunakan kata kunci di dalam konten, halaman, kiriman di dalam situs,
website atau blog anda sebagai faktor peringkat, sehingga dapat membantu
meningkatkan kemungkinan penempatan SERP
situs, website atau blog anda.
Menggunakan
kata kunci secara alami dan tidak dipaksakan akan jauh lebih baik. Terlalu
memaksakan kata kunci di dalam materi tulisan justru akan berdampak negatif.
Berfokus kepada hal-hal yang memang sangat penting untuk disampaikan dan
terkait satu sama lain. Hal seperti itu akan membuat anda mengoptimalkan kata
kunci dengan dengan baik, tepat dan alami.
Terlalu
banyak mengulang kata kunci justru akan membuat anda jatuh di mata mesin
pencari. Pada dasarnya meletakkan banyak kata kunci dalam kiriman atau tulisan
memang baik dan dibolehkan, namun dengan pembaruan pada mesin pencari saat ini
hal itu bukan menjadi langkah yang tepat lagi.
Meletakkan kata kunci ke dalam Gambar Teks & Judul Alt
Gambar
pelengkap atau ilustrasi adalah tempat yang sangat baik untuk menyisipkan kata
kunci. Anda dapat member deskripsi singkat terkait apa yang anda bahas dalam
keterangan gambar yang ada.
Menggunakan
gambar sebagai mata pancing di dalam persaingan mesin penelusuran yang ada
terbukti sangat efektif. Penggunaan alt gambar akan membantu sistem penelusuran
menemukan gambar tersebut. Penggunaan nama gambar yang sesuai dengan tema topik
yang anda bahas juga jauh lebih baik dari pada menggunakan.
Tag atau
judul gambar biasanya akan ditampilkan saat mendapat sentuhan mouse di atas
permukaannya. Menambahkan kata kunci ke dalam atribut gambar sebaiknya
dilakukan secara alami dan jangan terlalu dipaksakan. Penambahan kata kunci ke
atribut gambar harus diakui hanya merupakan faktor kecil penentu keberhasilan
dalam turnamen memperebutkan posisi teratas hasil penelusuran mesin pencari.
Contoh penulisan keterangan atribut alt pada gambar.
Buruk: alt =
""
Lebih baik:
alt = "sayur hijau"
Terbaik: alt
= "sayur hijau yang ditawarkan pedagang"
Hindari: alt
= "sayur-hijau-sayur-aneka-sayur-mayur-aneka-sayur-mayur-yang-di-tawar-di-tawarkan-para-pedagang-dagangan"
Meletakkan kata kunci ke dalam URL
Harus
dipahami bahwa yang paling pertama dari sebuah situs, website atau blog adalah
alamat itu sendiri. Oleh karena itu, mengunakan
kata kunci ke dalam URL akan membuat apa yang anda ingin sampaikan akan sangat
mudah ditemukan oleh sistem penelusuran mesin pencari. Penggunaan seperti ini
akan sangat baik dan juga memiliki peran penting hampir semua kegiatan di
situs, website atau blog anda.
Untuk menghindari kesan yang terlalu dipaksakan hindari membuat alamat URL yang langsung mengarah, seperti ini
www.caramembuatsituswebblogyangsangatmudah.coin
Akan jauh
lebih baik jika anda tetap mempertahankan jati diri anda, anda harus tetap
mempertahankan nama dan mereka dagang anda. Sebagai contoh sederhana seperti di
bawah ini.
http://www.myskywriting.co.id/cara-buat-web-mudah.html
Dalam
penulisan alamat yang baik untuk tujuan pertarungan SEO perlu anda hindari
kata-kata pengantar atau pengarah untuk sebuah alamat URL seperti kata; dengan,
untuk, suatu, yang, dan. Sebaiknya anda merangkai kata untuk alamat situs,
website atau blog seperti contoh di atas dengan tetap memperhitungkan jumlah
karakter yang ideal untuk suatu alamat URL.
Silahkan lanjutkan membaca tulisan sederhana ini, tentang cara menghindari kesalahan
pengunaan kata kunci agar tidak mendapat hukuman atau penalti mesin pencari
terhadap situs, website atau blog anda. Anda dapat menemukan tulisan sederhana
tersebut kunjungi Tip SEO Terbaik Untuk Mengoptimalkan Pencarian Dengan MenggunakanKata Kunci Bagian IV. Salam sukses.
0 komentar:
Post a Comment