Lazada Affiliate

Rantai Kecil Pada Sepeda Motor

Menyetel rantai kecil sepeda motor itu gampang-gampang susah

Rantai kecil atau biasa disebut dengan nama Caing timing Machine atau ada juga yang menyebut dengan nama rantai keteng.


Memasang dan melepasnya bisa jadi menjadi hal yang gampang-gampang susah. namun kesalahan sedikit saja saat pemasangan akan membuat kendaraan kesayangan anda akan berabe. Jadi dalam hal ini saya sarankan kerjakan dengan teliti atau serahkan pekerjaan itu benar-benar ke tangan yang ahli dalam bidangnya.


http://myskywriting.blogspot.com/
foto ilustrasi saat saya bongkar pasang honda supra

Cara Melepas Rantai Kecil Pada Sepeda Motor

Cara pertama yang harus anda lakukan yaitu mesin harus berada pada posisi top atau piston pada posisi top terlebih dahulu. Bagaimana caranya anda harus memutar magnet kekiri sebanyak dua putaran. Perhatikan simbol T (TOP) pada magnet dan garis awal dan garis akhirnya.

Langkah-langkah atau alur kerjanya;

  • Pertama buka terlebih dahulu tutup tanda T (TOP) pada bak magnet, tulisan T pada magnet harus sejajar dengan garis atau coakan pada bak magnet. 
  • Setelah itu buka tutup gigi rantai kecil atau yang disebut dengan gear timing pada mesin, kop silinder. Tanda titik pada gear harus sejajar dengan coakan pada sisi dalam kop silinder. 
  • Langkah selanjutnya yaitu buka tutup klep baik itu klep komprensi maupun klep buangan. Pada posisi top kedua roker arm/temlar harus netral dan tidak menekan klep. Untuk lebih meyakinkan lagi, anda harus membuka busi dan cek apakah piston berada di atas TMA (Titik Mati Atas), pada keberadaan top piston harus berada di TMA (Titik Mati Atas). 
  • Setelah anda yakin mesin dalam keadaan posisi top, barulah anda lepas bak magnet, magnet, dan juga komponen lain yang berada pada bagian bak magnet. 
  • Setelah itu anda lepas baut gear timing pada kop silinder, dan lepas baut dan alat penekan rantai kecil/otomatis timing. Sekarang, barulah anda bisa melepas rantai kecil.


Cara Memasang Rantai Kecil (Rantai Keteng) Pada Sepeda Motor

Untuk langkah memasang rantai kecil pertama yang harus anda perhatikan yaitu; 
  • Kerjakan seperti saat melepas di atas dengan urutan terbalik
  • Pada posisi top mesin tidak berubah. 
  • Setelah pemasangan rantai kecil selesai, 
  • Langkah selanjutnya anda cek setting-an kerenggangan klep dan jika perlu anda setel tingkat kerapatan kepala klep. 

Untuk pemasangan rantai kecil yang tidak pas atau tidak direkomendasi pada Top nya mesin akan susah dihidupkan. Kalaupun bisa hidup, mesin akan berebet alias tidak normal. Bahkan pernah saya dapati mesin terhentak dengan keras dan susah di starter.

Yang parahnya lagi, Jika ada kesalahan dan anda paksakan untuk menghidupkan mesin klep akan mengalami bengkok sampai patah jika sampai terjadi benturan saat posisi buka tutup satu sama lain. Maka dari itu pada langkah atau proses pemasangan rantai kecil ini harus benar-benar teliti.

Jika hal tersebut terjadi anda harus mengeluarkan uang untuk membeli klep yang baru bahkan di sebagian kasus sampai perlu jasa bubut ulang kepala mesin (kop silinder) belum lagi ditambah bayar ongkos pada mekanik bengkel. Nah maka dari itu pemasangan rantai keteng harus benar–benar diperhatikan, jangan sampai anda memasangnya dengan asal – asalan.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membuka dan melepas rantai kecil pada mesin sepeda motor. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...