Lazada Affiliate

Cara Memulai Usaha Online Shop Bagi Pebisnis Pemula

Memulai Usaha Online Shop Bagi Pemula



Seringkali orang bertanya, bagaimana cara memulai membuat usaha bagi pemula? Cara memulai usaha atau bisnis tanpa modal, juga merupakan pertanyaan yang sama banyak di cari jawabannya.

http://myskyriting.blogspot.com
Ilustarsi

Bagaimana cara memulai usaha bagi pemula tidak lain adalah memulai membuat rencana usaha. Sejak dini seharusnya sudah dipikirkan usaha seperti apa yang akan anda tekuni nantinya. Dalam perencanaan semua sudah harus dipikirkan, termasuk bagaimana cara membesarkan usaha tersebut.

"Seringkali dalam perencanaan tersebut kita akan mulai menemukan banyak kendala. Dari sekian banyak kendala yang akan menjadi beban pikiran kita, salah satunya adalah masalah modal usaha.

Masalah permodalan inilah yang biasanya menjadi batu karang besar yang menghadang impian anda. Tapi apakah semua usaha harus dihalang-halangi oleh permasalahan modal usaha? Kenyataannya, modal berupa materi hanya sebagian modal yang perlu anda persiapkan. Modal lain dalam merintis usaha selain modal materi adalah modal skill atau keterampilan yang harus anda kuasai.


Modal materi berupa sejumlah rupiah berfungsi untuk membantu anda melakukan pengadaan barang dagang awal untuk memulai usaha.

Menjawab pertanyaan kedua di atas. Bagaimana cara memulai usaha tanpa modal?


Memulai usaha, jenis apapun usaha itu rasanya sangat mustahil anda memulainya tanpa modal. Namun yang tepat adalah seberapa besar modal yang anda harus gunakan. Jadi jika selama ini anda melihat tawaran memulai usaha tanpa modal baiknya anda lebih dewasa dalam menyikapinya.

Di era modern seperti saat ini. Banyak sekali penawaran cara memulai usaha tanpa modal yang dapat anda temukan. Apalagi di dunia maya seperti media sosial atau internet. Bahkan tidak kurang yang menawarkan keuntungan berlipat ganda dan di luar kewajaran. Untuk menyikapi semua itu, harusnya anda dapat melakukan perhitungan sederhana. Apakah mungkin, anda memancing seekor ikan paus hanya dengan bermodalkan cacing susu sebagai umpan anda atau dengan kail yang kosong sama sekali tanpa umpan.

Memulai usaha tidak jauh beda dengan anda memancing di lautan lepas. Anda butuh persiapan yang tepat dan tentu saja umpan yang benar.

"Memulai usaha dengan modal kecil tentu akan jauh lebih masuk dalam pemikiran dan dibenarkan oleh logika anda, bukan?

Jika anda jeli untuk menemukan peluang usaha yang tepat. Di dunia maya atau internet begitu banyak penawaran menarik. Dari sekian banyak tawaran yang mungkin anda temukan adalah dengan menjadi seorang penjual kembali atau lebih di kenal dengan sebutan re-seller.


Memulai usaha dengan tawaran awal tanpa modal harus anda cermati jauh lebih dewasa. Karena dari sekian banyak penawaran usaha atau bisnis tanpa modal justru akan membuat anda merogoh saku jauh lebih dalam dari apa yang anda pernah bayangkan. Anda akan sangat dikagetkan dengan keharusan untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit hanya untuk membeli produk awal atau stock barang dagangan terlebih dahulu.

Sekarang anda sudah menemukan jawaban pertanyaan, apakah ada kesempatan untuk memulai usaha yang dapat anda temukan tanpa modal?

Memulai usaha tentu saja anda diharuskan untuk mempunyai modal awal. Menjadi seorang reseller online shop contohnya. Modal yang perlu anda persiapkan adalah modal operasional dan beberapa alat pendukung seperti smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Peluang untuk menjadi seorang pengusaha pemula sebagai reseller saat ini terbuka lebar dengan peluang yang sangat menjanjikan. Ada banyak produk yang ditawarkan untuk anda pasarkan. Anda akan dengan mudah menemukan produk, seperti produk kecantikan, gadget, elektronik, atau bahkan fashion terkini. Di internet dengan mudah anda akan menemukan online shop yang akan menawarkan kerja sama dengan anda sebagai reseller, tentunya dengan harga yang bersaing di pasaran sehingga anda dapat memperoleh keuntungan/ profit berupa selisih harga.

Bagaimana cara memulai usaha sebagai reseller online shop dengan modal yang minim?


Cara untuk memulai usaha online shop atau cara memulai usaha sebagai penjual kembali barang-barang product online shop sebenarnya cukup mudah. Anda hanya diharuskan memiliki modal pendukung seperti handphone untuk berkomunikasi atau bersosial media. Untuk itu sebaiknya anda mengenal sosial media dan memiliki alat pendukung yang mumpuni untuk menunjang kegiatan anda dalam berjualan. Dalam hal ini, memiliki alat pendukung sudah pasti juga harus terkoneksi dengan baik dengan jaringan internet yang ada.


Ada tentunya sepakat, bagaimana mungkin memulai bisnis online jika anda tidak memiliki alat pendukung yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus anda persiapkan sebagai pendukung untuk memulai usaha online shop anda.

Keterampilan/ Skill Memasarkan Suatu Produk.

Pengetahuan tentang pemasaran mutlak anda miliki. Pemasaran yang wajib anda kuasai atau paling tidak anda mengetahui dasar-dasarnya adalah pengetahuan tentang internet marketing. Walau berjualan di dunia maya pada dasarnya sama saja dengan berjualan secara tatap muka di pasar dunia nyata. Tapi kenyataannya anda tetap dituntut untuk banyak melakukan penyesuaian.

Berjualan di dunia maya, anda akan banyak dituntut untuk memberi pelayanan dengan orang-orang yang belum pernah anda kenal, dan tidak melihat wujud mereka demikian pula sebaliknya. Kontak mata yang biasa digunakan di pasar tradisional untuk meyakinkan calon pembeli sepertinya sudah tidak tepat diberlakukan dalam melakukan negosiasi di dunia maya. Mau atau tidak, kemampuan komunikasi anda akan sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Semakin pandai anda berkomunikasi dan menggunakan teknik internet marketing yang menarik maka akan semakin besar kesempatan anda untuk sukses dalam melakoni usaha online shop.

Keterampilan yang cukup untuk terjun di dunia online shop tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi dengan sedikit perjuangan, ketekunan, dan keinginan semua itu akan menjadi mungkin terjadi.

"Banyak berlatih, mau belajar, dan telaten menerapkan apa saja hal baru yang anda temukan adalah tanda-tanda keberhasilan anda.

Alat/ Tools Pendukung

Sebuah unit PC atau Laptop sebaiknya anda miliki jika anda serius akan terjun ke dunia online shop. Paling tidak adalah smartphone yang dapat berinteraksi dengan beberapa sosial media yang saat ini lagi naik daun seperti Facebook, Google plus, Instagram, Whatsapp, Twitter atau sosial media lainnya sebagai tempat anda melakukan promosi dan berinteraksi.

Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah kehadiran koneksi internet. Membeli kuota untuk dapat mengakses dunia maya adalah modal utama anda berusaha secara online.

Sebagai penyempurna dan pembuktian eksistensi anda dalam bisnis yang yang sedang anda kerjakan, memiliki website adalah salah satu keharusan tersendiri. Bagi anda yang sudah menemukan celah bisnis online shop ini. Anda akan menyadari bagaimana kehadiran sebuah website akan sangat membantu menaikkan omset penjualan anda.

Membangun sebuah website yang profesional tentu akan menuntut anda mengeluarkan beberapa rupiah sebagai investasi anda dalam dunia online shop. Namun, akan sangat sesuai dengan dampak baik yang akan anda peroleh.


Setelah anda menyiapkan diri dan memiliki alat pendukung yang tepat kegiatan anda di dunia usaha online shop ini. Silahkan terapkan satu persatu trik sederhana memulai usaha online shop yang akan mengantarkan anda menjadi pribadi sukses dan mandiri di bawah ini.


Tentukan Pasar Yang Akan Anda Sasar Dengan Tepat.

Sebelum menentukan product atau barang yang akan anda jual. Tidak kalah pentingnya untuk anda memahami pasar yang tepat untuk anda sasar. Banyak pasar yang tersedia di sekitar anda, sebaiknya temukan pasar yang ramai dan sesuai minat anda.

Pasar yang paling tepat adalah pasar yang masih kurang pesaing, sesuai minat atau hobby anda, serta anda menguasai pasar tersebut. Jika anda cukup tangguh menciptakan pasar jauh akan jauh lebih baik daripada ikut dengan pasar yang sudah cukup ramai saat ini.

Tentukan Produk Yang Akan Anda Pasarkan.

Setelah menemukan pasar yang tepat dan sedapat mungkin anda kuasai. Sekarang saatnya mencari produk yang akan anda pasarkan/ yang akan anda jual. Memilih produk dengan harga bersaing mungkin akan menjadi sasaran awal anda. Namun, harga yang miring tidak menjadi jaminan kesuksesan anda. Pahami lebih lanjut cara berbisnis di blog ini dengan sub kategori Way of Business.

Anda dapat menjadi reseller atau drop-shipper fashion Korea terkini, gamis batik atau baju muslimah syar’i; gadget seperti smartphone Android brand teranyar; produk kecantikan pembersih jerawat pada wajah, pelangsing tubuh atau produk kesehatan herbal, peninggi badan, pengurang kolesterol, pencegahan penyakit dan sebagainya.

Membuat Katalog Produk Yang Anda Pasarkan

Kehadiran katalog akan sangat membantu anda untuk mempromosikan apa-apa saja yang anda jual di usaha online shop anda. Katalog yang baik akan menjadi display yang menarik untuk menarik minat calon pembeli anda.

Dalam katalog sedapat mungkin anda menyertakan deskripsi produk yang anda pasarkan, harga, serta kondisi barang yang sebenarnya. Katalog yang baik adalah katalog yang mampu memberi banyak informasi namun tetap memberi kesan penasaran kepada penyimaknya.

Memberi Pengalaman Terbaik Ke Costumer Anda

Pembeli adalah raja. Memberi pelayanan terbaik akan menjadi nilai tambah bagi anda. Pelayanan prima yang anda berikan, komunikasi yang terbaik akan menjadi aset berharga anda. Mereka dengan sukarela akan menjadi pengiklan gratis usaha online shop anda.

Seorang reseller online shop anda akan sangat dituntut untuk mampu memberi kesan terbaik. Anda diharuskan menjadi costumer service yang informatif, ramah, sopan, sabar, dan bersedia menerima semua pertanyaan dari calon konsumen anda. Konsumen yang nyaman dengan pelayanan prima anda akan kembali dan kembali lagi membawa konsumen ke usaha online shop anda.


Semua trik-trik di atas dapat anda terapkan untuk mengantarkan anda menuju kesuksesan. Temukan juga beberapa trik usaha lainnya, seperti bagaimana mencari supplier terbaik untuk usaha online anda di sub kategori Way of Business di blog ini.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat, silahkan bagikan/share artikel ini ke siapa saja tanpa tujuan komersial dengan tetap menyertakan sumber aslinya.
Salam sukses untuk kita semua.

0 komentar:

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...