Lazada Affiliate

Banyak jalan menuju roma, itu adalah hal yang sangat tepat.

Cara lain memperoleh penghasilan dari jerih payah bekerja dengan blog


Iklan adalah sumber pendapatan terbaik untuk sebuah blog. Ibaratnya iklan adalah angin penyejuk anda dalam berkarya. Pendapatan dari iklan biasanya cukup membantu menanggulangi biaya-biaya yang anda keluarkan seperti biaya hosting atau paling tidak biaya akses internet anda. Selain itu, iklan juga sangat baik sebagai pencitraan kalau blog yang anda miliki berkelas dan banyak diminati oleh orang lain.

https://myskywriting.blogspot.com/
Ilustrasi Sukses

Bagi anda yang Nge-blog tentu tidak akan pernah lepas dengan kata iklan.


Sebuah blog yang merupakan cikal bakal dari situs website itu sendiri harus melewati banyak tantangan untuk dapat memperoleh kesempatan melayangkan iklan tertentu di sela-sela tulisannya. Untuk itulah tidak salah bila kita menyebut blog yang telah dihuni oleh iklan berkelas sebut saja Google adsense, maka blog tersebut merupakan blog yang sudah cukup memenuhi standar.
Semua tentu mengharapkan blog yang di bangun akan dapat menjadi sumber pundi-pundi penghasilan tambahan buat si pembuat. Namun anda tidak dapat melupakan tujuan dasar anda dalam menulis sebuah blog, yaitu untuk berbagi. Hal inilah yang harus anda tegaskan dan tanamkan dalam pola pikir anda sebagai seorang blogger. Keinginan Berbagi.  Walau dalam kenyataannya, tidak dapat dipungkiri kalau kegiatan nge-blog dapat menyejahterakan kita. Bahkan sebagian dari mereka ada yang menjadikan kegiatan menulis blog sebagai pekerjaan utama. Wah luar biasa ya.

Bila anda bertanya ke guru besar mesin pencari, yaitu Google dengan kata kunci “iklan terbaik untuk blog saya” Maka sontak mata anda akan melihat begitu banyak jawaban yang seragam. Google Adsense yang terbaik. Mengapa?

Google Adsense bagi para pakar penggunanya menerangkan, pendapatan bermitra dengan penyedia iklan yang satu ini menjanjikan sejumlah uang yang lebih dari cukup untuk kebutuhan uang saku anda. Bahkan jika anda serius menekuni dan tetap menjalankan segala ketentuan yang telah ditetapkan, TOS dari Google Adsense. Maka tidak menutup kemungkinan blog yang anda rintis menjadi sumber penghasilan terbaik anda suatu hari nanti.

"Barang baik harus ditebus dengan biaya yang tinggi pula."


Ungkapan tersebut rasanya cocok untuk menyikapi keinginan seorang blogger bermitra dengan Google Adsense. Untuk menjadi mitra Google Adsense tidak semudah membeli permen di warung, maksud saya tidak semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan perjuangan extra, pengorbanan materi, dan yang paling sering dialami adalah stress menghadapi setiap penolakan.

Lalu bagaimana anda harus menyikapi jika permohonan anda belum mendapatkan kata approve atau persetujuan. Atau bahkan anda mengalami pengalaman yang lebih parah berupa “pemecatan secara sepihak” atau biasa di kenal dengan istilah akun anda terkena suspend.

Jawaban saya adalah tetap semangat. Kembali ke asal. Maksudnya, anda harus kembali ke tujuan dasar anda membuat blog tersebut. Setiap pribadi yang berkarya tentu mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Apakah tujuan anda untuk berbagi atau sebagai saran sosialisasi. Semua kembali ke pribadi anda sendiri.

Namun jika mengalami penolakan terus menerus dan tak kunjung ada jalan temu atau bahkan mengalami penangguhan bahkan sampai “pemecatan secara se pihak” Jangan berkecil hati, dan jangan sampai rasa percaya diri anda jatuh. Simak terus artikel berikut semoga dapat memberi anda semangat baru daripada menghancurkan blog yang telah rintis dengan susah payah.

Menjadi penerbit iklan mandiri atau menjual iklan sendiri.

Menjual iklan anda sendiri atau menyediakan space iklan untuk mitra anda adalah metode yang sangat baik dari semuanya dalam segi keramahan terhadap pembaca. Dengan menjual iklan seperti ini, anda akan memiliki kendali penuh dan dapat menentukan sendiri metode yang paling efektif terhadap pembaca anda.

Bagaimana cara anda mendapatkan iklan.

Tidak ada jalan lain untuk anda selain beriklan, melakukan promosi terlebih dahulu. Apa tidak salah, Saya inikan akan menjadi penyedia iklan. Mengapa terbalik, sekarang anda menyebutkan saya harus beriklan dan melakukan promosi?

Anda tidak salah membaca. Dan yang saya tulis juga benar dunia akhirat. Walah sampai membawa dunia akhirat kata-katanya.

Logika sederhana yang perlu anda pahami.

Pertama. Bagaimana caranya orang lain menemukan anda, untuk memasang iklan di “rumah” blog yang anda huni? Jika alamat rumah anda sendiri tidak jelas ada di mana. Jangankan nama dan nomor rumah anda. Nama jalan, RT dan RW nya negaranya saja mereka tidak tahu di mana. Apakah anda menurut anda akan bertemu dengan pengiklan potensial? Saya rasa tidak akan pernah.

Kedua. Jika pengiklan saja yang mengfokuskan waktu dan devisi khusus/ sumber daya perusahaannya untuk mencari mitra potensial untuk beriklan, tidak dapat menemukan anda. Lalu bagaimana mereka akan berharap banyak ke “rumah” blog anda. Bagaimana cara blog anda akan mendatangkan pelanggan potensial bagi usaha mereka.

Tentu saja anda harus memasang iklan secara aktif untuk dapat dikenal, materi yang baik saja bukan jaminan akan sukses di kenal masyarakat. Nama anda harus di hafal di luar kepala.

Secara sederhana untuk menarik pengiklan datang ke blog anda dan memasang iklan di sana, anda harus melakukan beberapa hal berikut ini;
  • Mengiklankan nama anda agar semua orang di planet ini mengenal anda.
  • Setelah semua mengenal  anda, umumkan bahwa anda menerima iklan untuk dipasang di blog anda.
  • Ajak mereka melihat dan mempelajari “peta situs blog anda.
  • Datangi suatu instansi, kantor atau perusahaan secara langsung. Persiapkan diri anda dan alat yang anda butuhkan untuk melakukan presentasi yang baik guna meyakinkan mereka. Untuk itu anda perlu menempatkan kerangka yang jelas, space yang bersih untuk mereka di situs anda.
  • Menghubungi pengiklan yang potensial yang tergabung dalam forum-forum yang relevan dengan minat anda.

Dari sekian banyak cara di atas. Cara yang terbaik dan paling potensial adalah adalah anda menawarkan langsung ke perusahaan-perusahaan atau industri. Jelaskan kepada mereka seberapa potensial situs blog anda, sertakan data-data pendukung seperti sumber traffic dan jumlah visit dalam kurung waktu tertentu. Beri mereka kesempatan untuk meneliti lebih lanjut, potensi apa yang dapat mereka gali dengan beriklan di blog atau situs anda.

Setelah anda memiliki nama yang dikenal oleh “penghuni planet ini” anda tentu akan mulai ditemukan oleh mereka, para pengiklan. Langkah selanjutnya yang tak kalah penting dari semua tahapan diatas yaitu kemudahan transaksi.

Anda harus dapat memberi kemudahan para pengiklan yang sudah menemukan anda. Yang perlu anda persiapkan adalah daftar menu seperti di rumah makan favorit anda. Jelaskan apa yang anda jual dan berapa harga yang harus mereka bayar, dan apa yang akan mereka peroleh.


Selanjutnya masih terkait dengan kemudahan pelanggan, untuk pengiklan anda. Tetap buka jalan bagi mereka untuk dapat menghubungi anda, apakah lewat email atau telpon bahkan bertemu pandang langsung.

Hal seperti tersebut adalah hal-hal yang wajib anda lakukan bukan saja untuk mengundang pengiklan tetapi untuk menjalin relasi bisnis yang sehat. Suatu waktu anda harus melakukan pertemuan yang intens guna membicarakan langkah kedepan yang harus anda lakukan.

Untuk rencana jangka panjang dan merangkul mereka pelanggan potensial, menawarkan space iklan gratis adalah langkah yang bijaksana. Apakah anda sudah gila, mereka beriklan "di rumah" kita gratis? Sama sekali tidak, justru ini adalah pilihan yang sangat bijaksana.

Jika anda memancing dan mengharapkan ikan besar jangan sekali-kali menaruh cacing sebagai umpan di mata kail anda. Anda harus menaruh ikan sepanjang 25 cm untuk memancing ikan sepanjang 1 meter lebih.


Untuk memulai proses menawarkan space iklan gratis di blog anda, carilah perusahaan-perusahaan atau industri yang benar-benar sesuai dengan tema blog anda dan berikan mereka space iklan secara cuma-cuma untuk jangka waktu tertentu. Hal ini akan membuat beberapa perusahaan besar lain tertarik untuk memasang iklan di situs anda.

Selain itu perusahaan atau industri yang sebelumnya anda beri space iklan gratis setelah merasakan manisnya bermitra dan menitipkan iklan di blog anda. Ke depan, mereka akan kembali dan menyewa space yang sama untuk menjaga nama mereka tetap berada di sana. Jangan heran jika setelahnya anda akan menerima harga yang lebih dari apa yang anda harapkan.

Mengikuti Program Afiliasi

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan agar blog anda dapat memberi tambahan penghasilan untuk anda yaitu bergabung dengan perusahaan penyedia program afiliasi sebagai mitra.

Afiliasi adalah program paling mudah untuk mendapatkan sejumlah dana dalam jumlah besar dan dalam rentang waktu yang relative singkat. Sebut saja seperti situs lokal Lazada dan situs lokal Bhinneka yang memberi komisi beberapa persen kepada para pengiklan-nya terutama saat moment-moment tertentu. Sama halnya dengan Bhinneka yang juga memberi pengiklan-nya beberapa persen dari total penjualan produknya.
Hal seperti itulah yang sering anda temukan. Kebanyakan blogger terkadang menyebutkan suatu nama produk tertentu dalam tulisannya. Apakah hal yang dibahas terkait perangkat lunak, buku atau mainan. Kemudian mereka akan memberikan link yang mengarahkan anda untuk segera menuju situs penyedia program afiliasi.

Anda dapat memperoleh banyak sekali keuntungan hanya dengan bergabung dalam program afiliasi. Namun syarat mutlak yang anda harus pahami. Memasang link ke luar dari blog anda kadang kala membuat pembaca bingung dan mempertanyakan kredibilitas serta ke-professionalan anda.

Menjual produk baru.

Jika anda adalah pengguna blog dengan nama besar dan traffic perhari yang sudah lumayan besar. Tidak ada salahnya anda membuka diri dan sesekali menyelipkan barang jualan ke luar dari blog anda.

Menjual produk, dapat anda lakukan dengan melakukan review terlebih dahulu untuk menarik minat pembaca. Lalu anda merekomendasikan secara halus kepada para pembaca anda. Barang yang dapat di jual melalui tulisan blog seperti ini sangat cocok untuk produk-produk yang masih dalam tahap perkenalan.

Jika anda berhasil mendapatkan sumber barang-barang baru dan dalam masa sosialisasi. Tidak ada salahnya anda membeli satu unit untuk kemudian anda me-review secara independen produk tersebut.

Kesimpulan

Jika anda fokus untuk menekuni salah satu atau ketiga teknik di atas sekaligus. Maka tidak menutup kemungkinan, anda akan menertawakan diri anda selama ini yang terus menerus berharap untuk menjadi mitra pengiklan pilihan lain.

Beranilah bermimpi dan tuliskan setiap mimpi kecilmu sekarang, sebab kesuksesan itu pasti akan datang.


Saat anda sukses menemukan jati diri dari blog anda sendiri, apapun kecenderungan blog anda, apakah teknologi, kesehatan, game, pendidikan atau bahkan blog “gado-gado” yang memiliki kecenderungan dilihat dengan satu mata oleh para penyedia iklan besar. Anda akan merasakan manisnya nge-blog.
Bagi anda dengan niche gado-gado jangan berkecil hati. Lihat saja website besar apakah dia hanya focus pada bahasan tertentu. Tidak, mereka membahas banyak hal. Hal tersebut sama sekali bukan halangan untuk sukses, justru blog dengan bahasan yang luas memiliki kemungkinan lebih besar untuk berhasil dari pada mereka yang berfokus dengan bahasan yang sekitar deskripsi awal mereka saja.

2 komentar:

Trigonal Media said...

Sebagai tambahan saja, selain 3 hal tersebut bisa juga menjual jasa.

Saya sendiri mendapatkan pengahasilan yang cukup besar dari cara ini. Kalau dari iklan mah sedikit, karena pengunjungnya juga ga banyak :)

Jasanya apa? Apa aja yang sekiranya mampu, bikin artikel, bikin review, dsb dll

Salam,
Bang Fuji

Anonymous said...

Betul sekali, terima kasih masukannya

FEATURED POST

Prospek Usaha Online Di Situs LinkedIn

PROSPEK USAHA ONLINE BARU YANG MASIH KURANG TERSENTUH Merintis usaha dari media social yang masih sepi pemain. LinkedIn adalah salah sa...